STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
STANDAR KOMPETENSI (SK) &
KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN:
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI )
KELAS III
- VI SEMESTER 1 & 2
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL),
STANDAR KOMPETENSI (SK) & KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH IBTIDAIYAH
A. Latar Belakang
Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi
yang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah pendidikan agama
Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri
atas empat mata pelajaran, yaitu: al-Qur’an-Hadits,
Aqidah-akhlak, fiqh, dan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam. Masing-masing mata
pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur’an-Hadits merupakan sumber utama
ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber aqidah-akhlak, syari’ah/fiqih
(ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Aqidah (ushuluddin) atau keimanan
merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fiqih
(ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik
tolak dari aqidah, yakni sebagai
manifestasi dan konsekuensi dari aqidah
(keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fiqih
merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah,
sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlaq
merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti
bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah
dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu
menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem
kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan,
kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh aqidah yang kokoh. Sedangkan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam
merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam
usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam
mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh aqidah.
Pendidikan
agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri dari empat mata pelajaran
tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-Hadits, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar,
memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya
dalam kehidupan sehari-hari. Aspek aqidah
menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang
benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak
menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi
akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek Fiqh menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan
muamalah yang benar dan baik. Sedangkan aspek Tarikh & kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil
ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban
Islam.
Sejarah
Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI
yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban
Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam,
sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, sampai masa Khulafaurrasyidin. Secara
substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan
Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik
untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang
mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih
kecerdasan, membentuk sikap, watak dan
kepribadian peserta didik.
Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan
(SKL), Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan
dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah, dan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, terutama pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam aspek Tarikh & Kebudayaan Islam untuk SD/MI, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, Tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
B. Tujuan
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai
berikut:
- Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
- Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
- Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
- Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
- Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah meliputi :
- Sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad Saw.
- Dakwah Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya, yang meliputi kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah, kepribadian Nabi Muhammad Saw, hijrah Nabi Muhammad Saw ke Thoif, peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
- Peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad Saw, peristiwa Fathul Mekah, dan peristiwa akhir hayat Rasulullah Saw .
- Peristiwa-peristiwa pada masa Khulafaurrasyidin
- Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.
D. Standar Kompetensi
Lulusan (SKL)
Mengenal,
mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra Islam,
sejarah Rasulullah Saw, Khulafaurrasyidin, serta perjuangan tokoh-tokoh agama
Islam di daerah masing-masing.
E. Standar Kompetensi
(SK) dan Kompetensi Dasar (KD) :
KELAS III SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal sejarah masyarakat Arab
pra Islam
|
1.1 Menceritakan kondisi alam,
sosial dan perekonomian masyarakat Arab pra Islam
|
1.2 Menjelaskan keadaan
adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra Islam
|
|
1.3 Mengambil ibrah
dari sejarah masyarakat Arab Pra Islam
|
KELAS III SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
2. Mengenal sejarah
kelahiran Nabi Muhammad Saw
|
2.1
Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi
Muhammad Saw
|
2.2
Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad Saw
|
|
2.4 Mengambil ibrah
dari kenabian dan kerasulan Muhammad Saw.
|
|
3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad Saw.
|
3.1. Mendeskripsikan peristiwa kerasulan
Muhammad Saw.
3.2 Mengambil ibrah dari peristiwa kerasulan
Muhammad Saw.
|
KELAS IV SEMESTER 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad Saw
dan para sahabatnya.
|
1.1
Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad Saw beserta para sahabatnya
|
1.2
Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw beserta para sahabatnya
dalam berdakwah
|
|
1.3
Meneladani ketabahan Nabi
Muhammad Saw dan para sahabatnya dalam berdakwah
|
|
2. Mengenal kepribadian Nabi
Muhammad Saw
|
2.1
Mengidentifikasi ciri-ciri
kepribadian Nabi Muhammad Saw sebagai
rahmat bagi seluruh alam
|
2.2
Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad
Saw sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
|
2.3
Meneladani kepribadian Nabi
Muhammad Saw sebagai rahmat bagi
seluruh alam
|
KELAS IV SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
3. Memahami hijrah Nabi Muhammad Saw
ke Thaif
4. Memahami peristiwa Isra4 Mi’raj
Nabi Muhammad Saw.
|
3.1
Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw hijrah ke Thaif
|
3.2
Menceritakan peristiwa hijrah
Nabi Muhammad Saw ke Thaif
|
|
3.3 Meneladani kesabaran Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa hijrah ke Thoif
|
|
4.1
Mendeskripsikan peristiwa Isra’-Mi’raj
Nabi Muhammad Saw
|
|
4.2
Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad Saw
|
KELAS V SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi
Muhammad Saw ke Yatsrib
|
1.1
Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
|
1.2 Menceritakan
peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke
Yatsrib
|
|
1.3
Mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke
Yatsrib
|
|
2. Memahami keperwiraan Nabi
Muhammad Saw.
|
2.1
Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina
masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama dan pertahanan)
|
2.2
Meneladani
keperwiraan Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah
|
KELAS V SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
3. Mengenal peristiwa
Fathul Mekah
|
3.1
Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathul Mekah
|
3.2
Menceritakan kronologi peristiwa Fathul Mekah
|
|
3.3
Mengambil ibrah dari peristiwa Fathul Mekah
|
|
4. Mengidentifikasi peristiwa akhir
hayat Rasulullah Saw
|
4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir
hayat Rasulullah Saw
4.2
Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat
Rasulullah Saw
|
KELAS VI SEMESTER 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal sejarah khalifah Abu
Bakar as-Shiddiq
|
1.1 Menjelaskan arti dan tugas
khulafaurrasyidin
|
1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu
Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah
Islam.
|
|
1.3 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kholifah Abu Bakar as-Shiddiq.
|
|
1.4 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekholifahan Abu Bakar As Siddiq
|
|
2. Mengenal sejarah khalifah Umar
bin Khottob
|
2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar
bin Khottob dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
|
2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kholifah Umar bin Khottob.
|
|
2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekholifahan Umar bin Khottob
|
|
3. Mengenal sejarah khalifah Utsman
bin Affan
|
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman
bin Affan dan perjuangannya dalam
dakwah Islam.
|
3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kholifah Utsman bin Affan.
|
|
3.3
Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifahan Utsman bin Affan
|
KELAS VI SEMESTER 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
4. Mengenal sejarah khalifah Ali bin
Abi Tholib
|
4.1
Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan kholifah Ali bin
Abi Tholib
|
4.2
Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekholifahan Ali
bin Abi Tholib
|
|
4.3
Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifahan Ali bin Abi Tholib
|
|
5. Mengenal sejarah
perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.
|
5.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di
daerah masing-masing
|
5.2 Menceritakan sejarah perjuangan tokoh
agama Islam di daerah masing-masing
|
|
5.3 Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di
daerah masing-masing
|
F.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
.............. ,
...............................
Guru bidang studi SKI
..........................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar