Jumat, 20 April 2012

SILABUS SKI



 






                                                   moracPERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS III SEMESTER 1

 SILABUS


Nama Sekolah      : MIN/MIS.......
Mata Pelajaran      : SKI   
Kelas                       : III (Tiga)
Semester                : 1 (Satu)       
                                                                                                                                                        
STANDAR KOMPETENSI :  1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra Islam

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.1. Menceritakan kondisi alam, sosial dan pereko-nomi an masyarakat Arab pra Islam
·     Kedaan geografis daerah Mekah dan sekitarnya


·        Membeca cepat tentang keadaan geografis daerah Mekah dan sekitarnya
·        Merangkum tentang keadaan geografis daerah Mekah dan sekitarnya.
·        Permainan lacak jawab tentang keadaan geografis
·     Menyebutkan pengertian masa pra Islam
·     Menjelaskan keadaan geografis daerah Mekah dan sekitarnya
·     Menyebutkan kelebihan dan kekurangan letak geografis Mekkah dan madinah
·     Tulis
·     Lisan



2 jam pelajaran
·     Buku Sejarah Nabi Muhamad Saw yang sesuai
·     Gambar-gambar/flm tentang    masyaraArab pra islam
·     Alat permainan Lacak Jawab

·     Ensiklopedi Bangsa Arab pra Islam

·     Bentuk /pola kehidupan keluarga dan social masyarakat Arab pra Islam




·        Membaca buku tentang kondisi masyarakat Arab praIslam
·        Mengamati gambar-gambar/ flm dan membuat peta pikiran tentang bentuk perilaku masyarakat Arab pra Islam



·     Menyebutkan pola-pola kehidupan keluarga dan sosial masyarakat Arab pra Islam
·     Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pola kehidupan keluarga dan sosial masyarakat Arab pra Islam secara sederhana

·    Tulis
·    Lisan









2 jam pelajaran

·     Keadaan ekonomi masyarakat arab pra islam


·        Membuat catatan tentang mata pencaharian dan ekonomi masyarakat Arab pra Islam
·        Berdiskusi tentang mata pencaharian, dan keadaan  ekonomi masyarakat Arab pra Islam


·     Menyebutkan jenis-jenis mata pencaharian masyarakat Arab pra Islam
·     Menjelaskan faktor-faktor yang mendukung jenis-jenis mata pencaharian masyarakat Arab pra Islam secara sederhana


·    Tulis
·    Lisan







2 jam pelajaran

1.2.    Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra Islam

Adat istiadat masyarakat Arab pra Islam

·  kebiasaan yang biasa dilakukan masyarakat Arab pra islam dalam bertamu dan minum minuman keras


·        Membaca cerita tentang kebiasaan masyarakat Arab pra Islam dalam bertamu dan minum minuman keras
·        Bermain peran tentang kebiasaan yang biasa dilakukan masyarakat Arab pra islam dalam bertamu dan minum-minuman keras.


·     Menyebutkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan masyarakat Arab pra Islam secara umum
·     Membedakan kebiasaan baik dan buruk masyarakat Mekah pra Islam
·     Menjelaskan cara menghindari kebiasaan buruk masyarakat Arab pra Islam dalam bertamu dan  minum minuman keras


·     Tulis


2 jam pelajaran

·     Buku Sejarah Nabi Muhamad Saw yang sesuai
·     Gambar-gambar/flm tentang masyarakat Arab pra islam

Kepercayaan masyarakat Arab pra Islam

·  Hal-hal yang biasa disembah oleh  masyarakat Arab pra Islam





·        Mengamati gambar-gambar/ flm tentang kebiasaan masyarakat Arab pra Islam dalam menyembah berhala
·        Membaca buku tentang kebiasaan masyarakat Arab pra Islam dalam menyembah berhala
·        Diskusi tentang kebiasaan/perilaku orang yang menyembah berhala.
·        Simulasi tentang kebiasaan yang biasa dilakukan masyarakat Arab pra islam dalam menyembah berhala


·     Menyebutkan benda-benda (berhala) yang biasa disembah oleh  masyarakat Arab pra Islam
·     Menunjukkan sikap menolak kebiasaan menyembah berhala masyarakat Arab pra Islam


·     Tulis
·     Lisan



2 jam pelajaran

·  Kebiasaan masyarakat Arab pra islam dalam mengundi nasib di depan berhala

·        Mencatat kebiasaan yang dilakukan masyarakat Arab pra islam dan kepercayaan yang ada pada masyarakat Arab pra Islam
·        Mendiskusikan tentang kebiasaan masyarakat Arab pra islam dalam mengundi nasib di depan berhala,


·     Menjelaskan alasan masyarakat Arab pra Islam mengundi nasib di depan berhala secara sederhana
·     Mendeskripsikan kebiasaan masyarakat Arab pra islam dalam mengundi nasib di depan berhala..



·     Tulis
·     Lisan



2 jam pelajaran

1.3.    Mengambil ibrah dari sejarah masyarakat Arab Pra Islam

·   Adat istiadat masyarakat Arab pra Islam


·        Permainan kartu tentang  kebiasaan baik dan buruk dalam kehidupan masyarakat Arab pra islam
·        Membuat peta konsep/pikiran tentang tata cara berekonomi masyarakat Arab pra Islam


·     Menjelaskan nilai-nilai positif yang perlu diteladani dari adat istiadat masyarakat Arab pra Islam secara sederhana
·     Menjelaskan sikap negatif dari adat istiadat masyarakat Arab pra islam yang perlu dihindari secara sederhana.

·     Tulis
·     Lisan



2 jam pelajaran

·     Buku Sejarah Nabi Muhamad Saw yang sesuai
·     Kartu permainan tentang kebiasaan masyarakat Arab pra islam

·   Kepercayaan masyarakat Arab pra Islam

·        Sosiodrama tentang perilaku menyembah berhala yangdilakukan masyarakat Arab pra islam.
·        Simulasi tentang cara mengundi nasib masyarakat Arab pra Islam.


·     Menjelaskan sikap buruk yang perlu dihindari dari masyarakat Arab pra islam dalam bertuhan
·     Memilah kebiasaan buruk masyarakat Arab pra islam dalam mengundi nasib


·     Lisan
·     performance


2 jam pelajaran

                                                                                                                                                                              ......... , ...............................
                     Mengetahui                                                                                                                                   Guru bidang studi
                     Kepala Madrasah



......................................                                                                                                                                                         .....................................
                    NIP.                                                                                                                                                 NIP.























     



                                                                                                                     morac                                                                     
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS III SEMESTER 2

 SILABUS


Nama Sekolah         : MIN/MIS.......
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam                                                                                                                    
Kelas                          : III (Tiga)
Semester                   : II (dua)

STANDAR KOMPETENSI   :  2. Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7

2.1.    Menceritakan kejadian luar biasa yang meng-iringi lahir nya Nabi Muhammad Saw

·   Rencana penyarangan pasukan bergajah terhadap ka’bah


·        Membaca/melihat flm tentang rencana penyerangan pasukan bergajah terhadap ka’bah
·        Membuat catatan tentang tentang rencana penyerangan pasukan bergajah terhadap ka’bah
·        Bermain peran tentang rencana penyerangan ka’bah





·     Menjelaskan tentang ka’bah secara sederhana
·     Menjelaskan kisah Abrahah dan bala tentaranya secara sederhana
·     Menjelaskan alasan Abrahah menyerng dan ingin menghancurkan ka’bah secara sederhana
·     Menjelaskan rencana penyerangan pasukan bergajah terhadap ka’bah secara sederhana


·     Tulis
·     lisan


2 jam pelajaran

·   Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
·   Flm/ gambar tentang rencan Raja Abrahah menyerang ka’bah

·   Keadaan alam sekitar Mekah menjelang kelahiran Nabi Muhammad
·   Kabar yang berkembang di masyarakat Mekah akan lahirnya nabi akhir zaman

·        Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang keadaan alam sekitar Mekah menjelang kelahiran Nabi Muhammad
·        Merangkum tentang beberapa peristiwa penting menjelang Kelahiran Nabi
·         Bertanya jawab tentang adanya habar di Mekah akan lahirnya Nabi Muhammad

·     Menjelaskan keadaan alam sekitar Mekah menjelang kelahiran Nabi Muhammad secara sederhana
·     Menjelaskan adanya kabar yang berkembang di masyarakat Mekah akan lahirnya nabi Muhammad secara sederhana


·     Tulis
·     Lisan





2 jam pelajaran

2.2.    Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad Saw

·       Hamilnya Aminah dan wafatnya Abdullah

·       waktu dan tempat  kelahiran Nabi Muhammad Saw

·         Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang keluarga Abdullah bin Abdul Mutholib dengan Aminah binti Wahab
·         Bertanya jawab tentang kehidupan keluarga Abdullah dan Aminah
·         Membuat catatan tentang kehidupan keluarga Abdullah dan Aminah

·     Menjelaskan Hamilnya Aminah binti Wahab dan wafatnya Abdullah bin Abdul Mutholib
·     Menyebutkan tempat dan waktu Nabi Muhammad s.a.w dilahirkan
·     Menunjukkan sikap meyakini lahirnya nabi Muhammad s.a.w



·     Tulis
·     lisan


2 jam pelajaran

·   Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
·   Silsilah nabi Muhammad Saw.







·   Silsilah nabi Muhammad Saw.


·         Membaca tentang asal usul keluarga Nabi Muhammad
·         Mencermati silsilah Nabi Muhammad Saw.
·         Merangkum silsilah nabi Muhammad Saw.


·     Menyebutkan silsilah nabi Muhammad s.a.w dari pihak ayah
·     Menyebutkan silsilah nabi Muhammad s.a.w dari pihak ibu




·     Tulis
·     lisan


2 jam pelajaran

·   Kehidupan Nabi Muhammad pada masa kanak-kanak


·         Membaca buku tentang kehidupan nabi Muhammad pada masa kanak-kanan
·         Membaca cerita tentang kehidupan nabi Muhammad dalam asuhan Aminah dan Abdul Mutholib.
·         Membuat rangkuman tentang kehidupan Nabi Muhammad diwaktu kecil


·     Menjelaskan kehidupan nabi Muhammad s.a.w setelah ibunya wafat
·     Menyebutkan keistimewaan-keistimewaan dan akhlaq yang dimiliki nabi Muhammad sejak kecil





·     Tulis
·     lisan


3 jam pelajaran

2.3.    Mengambil ibrah dari kelahiran Nabi Muhammad Saw.


·   Nabi Muhammad lahir dari keluarga yang baik dan terhormat


·        Mendiskusikan tentang kelahiran, sisilah, dan kehidupan  Nabi Muhammad pada masa kanak-kanak
·        Merangkum tentang kelahiran, sisilah, dan kehidupan Nabi Muhammad pada masa kanak-kanak

·     Menjelaskan bahwa pemimpin yang baik itu lahir dari keluarga yang baik
·     Menjelaskan bahwa Pemimpin besar tidak mesti dari keluarga kaya dan berkelimang harta
·     Menunjukkan sikap meneladani kehidupan Nabi Muhammad di waktu kecil.


·     Tulis
·     lisan


2 jam pelajaran

·   Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
·   Silsilah nabi Mu-hammad Saw.




STANDAR KOMPETENSI   :  3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad Saw.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7


3.1. Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad Saw.






o Tanda kenabian
o Kebiasaan Nabi Muhammad berkholwat di Goa khiro

·        Mencari informasi tentang kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad sebelum menerima wahyu pertama
·        Membuat catatan kebiasaan nabi Muhammad menyendiri sebelum menerima wahyu

·   Menjelaskan tanda-tanda kenabian yang dimiliki nabi Muhammad s.a.w sebelum diangkat menjadi nabi
·   Menjelaskan kebiasaan Nabi Muhammad berkholwat di Goa khiro


·     Tulis
·     Lisan


2 jam pelajaran

·   Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
·   Flm/ gambar peristiwa kenabian (bi’tsah)

o Peristiwa turunnya wahyu pertama

·        Mengamati gambar/ melihat film tentang peristiwa bi’tsah (kenabian) Nabi Muhammad Saw.
·        Membaca tentang isi nasihat Waroqoh bin Naufal terhadap nabi Muhammad Saw
·        Sosiodrama tenang turunnya wahtu pertama

o Menjelaskan peristiwa turunnya wahyu pertama
o Menunjukkan sikap meyakini peristiwa turunnya wahyu pertama
·        Tulis
·        Lisan

2 jam pelajaran



3.2  Mengambil ibrah dari peristiwa kerasulan Muhammad Saw.





o Memperbaiki akhlak diri sebelum menyeru kepada orang lain

.
·        Studi kasus tentang meneladani akhlaq Muhammad Saw


·   Menjelaskan tentang kewajiban membenahi dan memperbaiki akhlak diri sendiri sebelum orang lain
·   Menunjukkan sikap meyakini perlunya, menghindari/menjauhi masyarakat yang berakhlak buruk
·   Menggambarkan sikap meyakini Kerasulan Muhammad SAW.

·        Tulis
·        Lisan


3  jam pelajaran

·   Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
·   Flm/ gambar peristiwa kenabian (bi’tsah)




                                                                                                                                                                                


                                                                                                                                                                                 ............ , ..............................
                     Mengetahui                                                                                                                                      Guru bidang studi
                     Kepala Madrasah



......................................                                                                                                                                                            .....................................
                   NIP.        



 






                                                                                                                     morac                                                                     
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS IV SEMESTER 1

 SILABUS

Nama Madrasah      : MIN/MIS..........
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam                    
Kelas / Semester      : IV / I

STANDAR KOMPETENSI :  1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.1   Menjelas kan dakwah Nabi Muhammad Saw beserta para sahabatnya
·     Pengertian dakwah secara sembunyi-sembunyi (secara sir)
·     waktu yang digunakan untuk dakwah secara sir.
·     orang-orang yang masuk islam pada masa dakwah secara sir
·        Membaca cerita tentang dakwah secara sembunyi-sembunyi (sir) yang dilakukan Nabi Muhammad Saw.
·        Bercerita tentang waktu dilakukan untuk berdakwah secara sir.
·        Mencari nama-nama sahabat yang pertama kali memeluk Islam
·        Membuat rangkuman tentang pengertian dakwah secara sir, waktu, dan orang-orang yang masuk Islam pada saat itu

·        Menyebutkan pengertian dakwah secara sembunyi-sembunyi (secara sir)
·        Menyebutkan waktu yang digunakan untuk dakwah secara sir.
·        Menyebutkan orang-orang yang masuk islam pada masa dakwah secara sir (assabiqunal awwalun)
·        Tulis


2 jam pelajaran

Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai

·     pengertian dakwah secara terang-terangan (jahr)
·     waktu dan tempat yang digunakan untuk dakwah secara jahr


·        Membaca kisah tentang dakwah Nabi secara terang-terangan (jahr)
·        Mencari keterangan tentang waktu dan tempat yang dilakukan Rasulullah Saw. untuk berdakwah secara jahr
·        Membuat catatan tentang pengertian dakwah secara terang-terangan (jahr), waktu dan tempat yang digunakan untuk dakwah secara jahr


·        Menjelaskan pengertian dakwah secara terang-terangan (jahr)
·        Menyebutkan waktu dan tempat yang digunakan untuk dakwah secara jahr

·   Tulis

2 jam pelajaran

·     Isi ajaran dakwah secara jahr
·     Tanggapan masyarakat Mekah terhadap dakwah Rasulullah Saw secara jahr.


·        Mencari informasi  tentang isi ajaran Nabi dalam dakwah secara jahr
·        Membaca kisah tentang berbagai tantangan yang dialami Nabi pada saat berdakwah secara jahr.
·        Membuat rangkuman tentang isi ajaran dakwah secara jahr dan tanggapan masyarakat Mekah terhadap dakwah Rasulullah Saw secara jahr.


·        Menyebutkan isi ajaran dakwah secara jahr
·        Menyebutkan tanggapan masyarakat Mekah terhadap dakwah Rasulullah Saw secara jahr.




·    Tulis

2 jam pelajaran
1.2  Menunjuk kan contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw beserta para sahabatnya dalam berdakwah
·     Hal-hal yang dilakukan Abu Lahab untuk menghentikan dakwah Rasulullah Saw.
·     Hal yang pernah dilakukan Ummu jamil, istri Abu Jahal, untuk menghalangi dakwah Rasulullah Saw.

·        Membaca cerita  tentang hal-hal yang pernah dilakukan Abu Lahab untuk menghalangi dakwah Rasulullah Saw.
·        Membeca keterangan tentang hal yang dilakukan oleh Ummu Jamil untuk menghalangi dakwah Rasulullah Saw.
·        Bermain peran  tentang hal-hal yang dilakukan oleh tokoh Quraisy, untuk menghentikan dakwah Rasulullah Saw

·         Menceritakan tentang hal-hal yang dilakukan oleh para tokoh quraisy, untuk menghalangi dakwah Rasulullah Saw.
·         Menolak hal-hal yang dilakukan Abu Lahab, Ummu jamil, istri Abu Jahal, untuk menghentikan dakwah Rasulullah Saw



·        Tulis


2 jam pelajaran

Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai


       
·     Pemboikotan kafir Quraisy terhadap bani hasyim



·        Sosiodrama tentang Pemboikotan yang dilakukan kafir Quraisy terhadap Bani Hasyim dan Bani Abdul Mutholib

·         Menjelaskan peristiwa pemboikotan kafir Quraisy terhadap Bani Hasyim




·        Tulis

2 jam pelajaran
·     Ketabahan Bilal bin Rabah saat disiksa oleh Umayah bin Kholaf,
·     Menceritakan siksaan kafir Quraisy terhadap keluarga Yasir

·        Membaca cerita tentang kekejaman kafir Quraisy terhadap  Bilal bin Robah dan keluarga Yasir
·        Diskusi tentang siksaan kafir Quraisy terhadap Bilal bin Robah dan  keluarga Yasir

·           Menjelaskan ketabahan Bilal bin Rabah saat disiksa oleh Umayah bin Kholaf, majikannya.
·           Menceritakan siksaan kafir Quraisy terhadap keluarga Yasir


·        Tulis

2 jam pelajaran
1.3  Meneladani  ketabahan Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya dalam berdakwah
·     Setiap menyeru kepada kebaikan, sering mendapat rintangan
·     Perlunya kesabaran dan ketabahan dalam mempertahan kan aqidah

·        Membaca cerita tentang sikap Rasulullah Saw terhadap orang kafir yang senantiasa memusuhinya
·        Sosiodrama tentang ketabahan Rasulullah Saw dan para sahabat dalam berdakwah

·        Meyakini bahwa setiap menyeru kepada kebaikan, sering mendapat rintangan
·        Menjelaskan bahwa untuk mempertahankan aqidah yang benar perlu kesabaran dan  ketabahan
·        Membiasakan  bersikap sabar, pemaaf, meskipun terhadap orang yang pernah atau sering memusuhi kita

·        Tulis


2 jam pelajaran

Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai


STANDAR KOMPETENSI :  2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad Saw

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
2.1   Mengidenti-fikasi  ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad Saw  sebagai rahmat bagi seluruh alam
·   Kasih sayang Rasullah  Muhammad Saw terhadap anak-anak
·   Kasih sayang Rasulullah Muhammad Saw terhadap wanita dan pembantu

·        Membaca cerita tentang berbagai  bentuk kasih sayang Rasulullah terhadap anak-anak, wanita, dan pembantu
·        Bercerita tentang sikap Rasulullah terhadap anak-anak, wanita, dan pembantu/budak
·        Bermain peran tentang sikap Rasulullah terhadap anak-anak, wanita, dan pembantu/budak

·        Menjelaskan sifat kasih sayang Rasullah Muhammad Saw terhadap anak-anak, wanita dan pembantu
·        Menyenangi kasih sayang Rasullah Muhammad Saw terhadap anak-anak, wanita, dan pembantu



·        Tulis


2 jam pelajaran

Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai

·   Kasih sayang Rasulullah Muhammad Saw terhadap, umat Islam, nonIslam, dan orang-orang yang memusuhi nya

·        Membaca cerita tentang sikap Rasulullah Saw terhadap orang kafir yang senantiasa memusuhinya
·        Mendiskusikan tentang sikap kasih sayang dan pemaaf Rasulullah Saw


·        Menjelaskan sifat kasih sayang Rasullah Muhammad Saw terhadap, umat Islam, nonIslam, dan orang-orang yang memusuhinya



·        Tulis


2 jam pelajaran

·   Kepedulian Nabi Muhammad Saw terhadap hewan dan tumbuhan


·        Mencari informasi tentang bentuk-bentuk kepedulian Rasulullah Saw terhadaphewan dan tumbuhan.
·        Membuat catatan tentang kepedulian Nabi Muhammad Saw terhadap hewan dan tumbuhan


·        Menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad Saw terhadap hewan dan tumbuhan



·        Tulis


2 jam pelajaran
2.2  Menunjuk kan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad Saw  sebagai rahmat bagi seluruh alam
·     Cerita tentang seseorang yang setiap saat meludahi Rasulullah, disaat ia sakit Rasulullah menjenguknya.
·     Cerita tentang peristiwa fathul Mekah

·      Membaca cerita tentang Rasulullah menjenguk orang sakit yang setiap saat meludahinya
·      Membuat rangkuman tentang anjuran Rasulullah untuk tidak merusak tanaman di sekitar tanah haram ketika terjadi peristiwa fathul Mekah 
·      Sosiodrama peristiwa fathul Mekah 

·           Menceritakan tentang Rasulullah menjenguk orang sakit yang setiap saat meludahinya
·           Menjelaskan tentang anjuran Rasulullah untuk tidak merusak tanaman di sekitar tanah haram ketika terjadi peristiwa fathul Mekah

·         Tulis


2 jam pelajaran

Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai


       
2.3  Meneladani  kepribadian Nabi Muhammad Saw  sebagai rahmat bagi seluruh alam

·     Kasih sayang terhadap sesama manusia (anak-anak, wanita, pembantu)
·     Sikap yang baik terhadap orang yang senantiasa menunjukkan sikap perlawanan.
·      Berdiskusi tentang sifat kasih sayang Nabi Muhammad Saw terhadap sesama (anak-anak, wanita, pembantu, umat Islam, nonIslam, dan orang-orang yang memusuhinya)
·      Bermain peran tentang sifat kasih sayang Rasulullah terhadap sesama manusia



·        Menjelaskan  bentuk-bentuk kasih sayang terhadap sesama manusia (anak-anak, wanita, pembantu)
·        Menjelaskan sikap yang baik terhadap orang yang senantiasa menunjukkan sikap perlawanan.
·        Tulis


2 jam pelajaran

Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai

·     Sikap yang baik terhadap hewan dan tumbuhan di sekitar.


·   Tanya jawab tentang  kepedulian Nabi Muhammad Saw terhadap alam sekitar  (hewan dan tumbuhan)


2.3.1  Memrakarsai sikap yang baik terhadap hewan dan tumbuhan di sekitar


·        Tulis


2 jam pelajaran
                                                                                                                                                                                          
                                                                                                                                                                                
                                                                                                                                                                                
                                                                                                                                                                                 ......... , ..............................
               Mengetahui                                                                                                                                            Guru bidang studi
              Kepala Madrasah



              ......................................                                                                                                                                                                                 .....................................
              NIP :





 






                                                                                                                     morac                                                                     
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS IV SEMESTER  II

 SILABUS

Nama Madrasah      : MIN/MIS..........
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam                    
Kelas / Semester      : IV (Empat) / II

STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami hijrah Nabi Muhammad Saw ke Thaif

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
3.1  Mengidentifi-kasi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw hijrah ke Thaif
·     Keadaan kaum muslimin yang terkepung di lembah Syi’ib
·     Wafatnya Abu Tholib dan khodijah
·      Membaca keterangan tentang Pemboikotan kaum Muslimin di lembah Syi’ib
·      Mencari informasi tentang wafatnya Abu Tholib dan Khodijah
·      Tanya jawab tentang pemboikotan kaum muslimin yang terkepung di lembah Syi’ib dan wafatnya Abu Tholib dan Khodijah

·        Menceritakan tentang keadaan kaum muslimin yang terkepung di lembah Syi’ib
·        Menjelaskan tentang wafatnya Abu Tholib dan khodijah

Tulis

2 jam pelajaran
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai

·     Semakin kerasnya tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.


·      Mencari informasi tentang semakin kerasnya tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.
·      Membuat rangkuman tentang semakin kerasnya tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw
·      Sosiodrama tentang tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.


·        Menjelaskan tentang semakin kerasnya tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.
·        Menolak tekanan kafir Quyraisy terhadap diri Rasulullah Saw


Tulis


2 jam pelajaran

3.2   Menceritakan  peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Thaif

·     Rasulullah Saw hijrah ke thoif
·     Sikap kasar Bani Tsaqif di Thoif




·     Membaca cerita tentang perjalanan hijrah Rasulullah Saw. Ke Thoif
·     Membaca keterangan tentang sambutan kasar bani Tsaqif terhadap kedatangan Rasulullah di Thoif
·     Bermain peran  tentang sikap kasar Bani Tsaqif  terhadap Rasulullah Saw di Thoif


·        Menjelaskan tentang hijrah Rasulullah Saw ke thoif
·        Menceritakan sikap kasar Bani Tsaqif di Thoif
·        Menolak sikap kasar Bani Tsaqif di Thoif


Tulis


2 jam  pelajaran

Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai

·     Do’a Rasulullah untuk Bani Tsaqif
·     Pertemuan Rasulullah dengan ‘Addas, budak Rabi’a, di kebun anggur

·     Mencermati isi do’a Rasulullah terhadap Bani Tsaqif
·     Membeca cerita tentang pertemuan Rasulullah dengan ‘Addas di kebun anggur milik Rabi’a
·     Bercerita tentang sikap Rasulaullah Saw terhadap Bani Tsaqif dan penduduk Thoif

·        Menjelaskan do’a Rasulullah untuk Bani Tsaqif
·        Menceritakan kisah pertemuan Rasulullah dengan ‘Addas, budak Rabi’a, di kebun anggur



Tulis


2 jam pelajaran

3.3 Meneladani  kesabaran Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa hijrah ke Thoif


·     Kesabaran Rasulullah atas perlakuan Bani Tsaqif
·     Perbuatan kasar, buruk tidak harus dibalas dengan perilaku yang kasar

·      Mendiskusikan tentang hijrah Rasulullah Saw ke Thoif
·      Sosiodrama tentang Kesabaran Rasulullah atas perlakuan Bani Tsaqif di Thoif


·        Meyakini tidak sumua hal/tujuan yang baik akan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat
·        Menyetujui bahwa perbuatan kasar, buruk tidak harus dibalas dengan perilaku yang kasar


Tulis


2 jam pelajaran






STANDAR KOMPETENSI : 4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7

4.1  Mendeskrip-sikan  peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad Saw






·     Pengertian Isra’ Miraj
·     Tujuan Rasulullah Saw. di-Isra’ Mi’rajkan
·     Kejadian penting saat Isra’ Mi’raj
·     Proses turunnya perintah sholat lima waktu


·     Membaca keterangan tentang pengertian isra’ mi’raj
·     Menceritakan beberapa peristiwa yang dialami Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan Isra’-Mi’roj
·     Membuat rangkuman tentang peristiwa Isra’ Mi’raj




·        Menjelaskan pengertian dan tujuan Isra’ Miraj Rasulullah Saw.
·        Menyebutkan kejadian penting saat Isra’ Mi’raj
·        Menjelaskan proses turunnya perintah sholat lima waktu




Tulis


3 jam pelajaran

Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai

·     Tanggapan masyarakat Makkah terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj.


·     Mencari informasi tentang tanggapan Mekah terhadap peristiwa isra’ mi’raj
·     Bermain peran tentang sikap masyarakat Mekah terhadap peristiwa isra’ mi’raj

·        Menjelaskan  berbagai tanggapan masyarakat Mekah terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj.
·        Memilah tanggapan masyarakat Mekah terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj.


Tulis


2 jam pelajaran

4.2  Mengambil hik-mah dari peris-tiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muham-mad Saw

·     Allah maha Kuasa atas segala sesuatu
·     Sholat merupakan ibadah yang utama bagi ummat Islam
·     Peristiwa isro’mi’roj itu merupakan ujian keimanan seseorang

·     Mendiskusikan tentang peristiwa Isra’ Mi’raj dan tanggapan masyarakat terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj
·     Membuat catatan tentang hikmahyang dapat diambil dari peristiwa Isra’ Miraj dan tanggapan masyarakat teradap peristiwa tersebut.


·         Meyakini bahwa apabila Allah menghendaki terjadinya sesuatu, pasti terjadi, meskipun di luar batas pemikiran manusia
·         Mengimani bahwa ibadah sholat merupakan ibadah yang paling utama bagi ummat Islam
·         Menyakini bahwa peristiwa isro’mi’roj itu merupakan ujian keimanan seseorang
.

Portopolio


3 jam pelajaran



Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
                                                                                                                                                                                
                                                                                                                                                                                


                                                                                                                                                                                 ......... , ..............................
               Mengetahui                                                                                                                                            Guru bidang studi
              Kepala Madrasah



              ......................................                                                                                                                                                                                 .....................................
              NIP :                                                                                                                                                          NIP :





 






                                                                                                                     morac                                                                     
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS V SEMESTER 1

 SILABUS

Nama Madrasah      : MIN/MIS..........
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam                                                                                            
Kelas / Semester      : V / I (ganjil)

Standar Kompetensi : 1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
1.1Mengidentifika-si sebab-sebab hijrah Nabi Muham-mad Saw ke Yatsrib






Peristiwa Baiatul Aqobah I

Peristiwa Baiatul Aqobah II

Rencana jahat (makar) kaum kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad Saw
·     Membaca buku tentang peristiwa Baiatul Aqobah I
·     Menggali informasi tentang peristiwa Baiatul Aqobah II
·     Bermain peran tentang rencana jahat (makar) kaum kafir Quraisy di Darun Nadwah menjelang Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib

·     Menjelaskan latarbelakang peristiwa Baiatul Aqobah I
·     Menceritakan peristiwa Baiatul Aqobah I  sebagai salah satu sebab Nabi hijrah ke Yatsrib
·     Menceritakan peristiwa Baiatul Aqobah II sebagai salah satu sebab Nabi hijrah ke Yatsrib
·     Menjelaskan faktor-faktor penduduk Yatsrib mudah menerima Islam
·     Menjelaskan rencana jahat kaum kafir Quraisy di Darun Nadwah menjelang Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib
·     Menceritakan 10 pemuda pilihan kafir Quraisy mengepung rumah Nabi Muhammad Saw
·     Menceritakan keberanian Ali bin Abu Tholib tidur di tempat tidur Nabi Muhammad Saw dan memakai selimutnya

Tes tulis







Tes tulis







Tes tulis






2 jampel







2 jampel







2 jampel
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)




Ensiklopedi Islam/ Sirah Nabawiyah (yang sesuai)




Naskah bermain peran




1.2 Menceri-takan peristiwa hijrah Nabi Muham-mad Saw ke Yatsrib
Upaya Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam persiapan hijrah ke Yatsrib

Perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
·     Mempresentasikan tentang upaya Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam persiapan hijrah ke Yatsrib
·     Mensosiodramakan perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
·     Menjelaskan pertimbangan- petimbangan Nabi Muhammad Saw memilih Yatsrib sebagai obyek hijrah
·     Menceritakan para sahabat dalam rombongan pertama yang hijrah ke Yatsrib
·     Menyebutkan para sahabat yang berperan lansung dalam peristiwa hijrah
·     Menceritakan perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
·     Menjelaskan keadaan Nabi Muhammad Saw dan Abu Bakar bersembunyi di Goa Tsur
·     Menceritakan tokoh kafir Quraisy (Suroqoh bin Malik) masuk Islam dalam perjalanan Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib
·     Menyebutkan kegiatan Nabi Muhammad Saw di Quba
·     Menceritakan penyambutan penduduk Yatsrib akan datangnya  Nabi Muhammad Saw

Tes tulis













Tes tulis
Performance













Tes tulis
Performance

2 jampel













2 jampel














2 jampel
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)










Naskah sosiodrama













Naskah sosiodrama
1.3 Meng-ambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muham-mad Saw ke Yatsrib

Hikmah peristiwa hijrah Nabi Muham-mad Saw ke Yatsrib
·     Membiasakan mengambil sikap hijrah dalam segala hal untuk meraih yang terbaik.


·     Memilih sikap tentang nilai/ hikmah hijrah dalam kehidupan sehari-hari
·     Menunjukkan perilaku hijrah dari hal yang kurang baik menuju ke hal yang lebih baik (prestasi)

Performance






2 jampel
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)









Standar Kompetensi : 2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad Saw.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
2.1 Mendeskripsi-kan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama dan pertahanan)

Keadaan masyarakat Madinah sebelum Islam

Upaya Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah

·     Menggali informasi tentang keadaan social, ekonomi, agama dan pertahanan masyarakat Madinah sebelum Islam
·     Mendiskusikan dalam kelompok tentang Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah di bidang social, ekonomi, agama dan pertahanan

·     Menjelaskan keadaan social masyarakat Madinah sebelum Islam
·     Menyebutkan keadaan ekonomi masyarakat Madinah sebelum Islam
·     Menjelaskan keadaan agama masyarakat Madinah sebelum Islam
·     Menyebutkan pertahanan masyarakat Madinah sebelum Islam
·     Mendiskusikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina social masyarakat Madinah
·     Menjelaskan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina perekonomian masyarakat Madinah
·     Mendiskusikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina pendidikan dan dakwah masyarakat Madinah

·     Menjelaskan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina pertahanan dan keamanan masyarakat Madinah

Tes tulis







Tes tulis







Tes tulis












Tes tulis
2 jampel







2 jampel







2 jampel












2 jampel
Siroh Nabawiyah (yang sesuai)





SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga
Serangkai)




Soal/ Materi Diskusi











Soal/ Materi Diskusi
2.2  Menela-dani  keperwiraan Nabi Muham-mad Saw dalam membina masyara-kat Madinah
Keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan kafir






·     Membaca buku tentang upaya Nabi Muhammad Saw dalam mengatasi gangguan kafir dalam perang Badar, Uhud dan perang Khandaq




·     Menceriterakan keperwi-raan Nabi Muhammad saw menghadapi gang-guan kafir dalam perang Badar
·     Mengambil hikmah dari peristiwa kemenangan umat Islam dalam perang Badar
·     Menceriterakan keperwi-raan Nabi Muhammad saw menghadapi gang-guan kafir dalam perang Uhud
·     Mengambil hikmah dari peristiwa kegagalan umat Islam dalam perang Uhud
·     Menceriterakan keperwi-raan Nabi Muhammad saw menghadapi gang-guan kafir dalam perang Khandaq
·     Mengambil hikmah dari peristiwa kemenangan umat Islam dalam dalam perang Khandaq

Tes tulis
Performan-ce







Tes tulis
Performan-ce











Tes tulis
Performan-ce

2 jampel









2 jampel













2 jampel
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)



Ensiklopedi  Islam/ Siroh Nabawiyah (yang sesuai)










SKI untuk MI kelas 5 :Depag RI


Mengetahui
Kepala Madrasah,



________________________

NIP.  
      ………… , ………………….
      Guru Pengajar,



_______________________

       NIP.





 






                                                                                                                     morac                                                                     
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS V SEMESTER 2

SILABUS


Nama Madrasah      : MIN/MIS..........
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester      : V / II

Standar Kompetensi : 3. Mengenal peristiwa Fathul Mekah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
3.1Mengidentifi-kasi sebab-sebab terjadinya Fathul Mekah
Kerinduan Nabi Muhammad Saw terhadap Mekah

Peristiwa Terjadinya Baiaturridwan





·     Menggali informasi tentang sebab-sebab terjadinya Fathul Mekah yang diawali kerinduan Nabi Muhammad Saw terhadap Mekah setelah 6 tahun hijriah
·     Bermain lacak jawab tentang terjadinya Baiaturridwan yang dilakukan kaum muslimin


·         Menjelaskan kerinduan Nabi Muhammad Saw terhadap Mekah
·         Menceritakan Nabi Muhammad Saw dan Umat Islam untuk melaksanakan Umrah ke tanah suci Mekah
·         Menjelaskan sebab-sebab terjadinya baiatur-ridwan
·         Menceritakan terjadinya baiaturridwan sebagai rangkaian sebab terja-dinya Fathul Mekah

Tes tulis








Tes tulis
Performance






2 jampel








2 jampel







Sirah Nabawiyah    (yang sesuai)

SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
SKI  untuk MI kelas 5 : Depag RI

Sirah Nabawiyah    (yang sesuai)
Peristiwa Sulhu (perjanjian) Hudaibiyah

Kafir Quraisy melanggar Perjanjian Hudaibiyah sebagai puncak sebab terjadinya Fathul Mekah





·     Menceritakan dalam kelompok besar tentang peristiwa terjadinya sulhu Hudaibiyah antara kaum muslimin dengan kafir Quraisy Mekah
·     Membaca buku tentang kafir Quraisy yang melanggar Perjanjian Hudaibiyah

·     Menjelaskan terjadinya sulhu Hudaibiyah sebagai rangkaian sebab terjadinya Fathul Mekah
·     Menyebutkan para sahabat/utusan yang berperan dalam perjanjian Hudaibiyah
·     Membacakan isi perjanjian Hudaiyah
·     Menceritakan protes Umar bin Khottob atas perjanjian Hidaibiyah yang merugikan kaum muslimin
·     Menjelaskan kaum kafir Quraisy melakukan tekanan-tekanan terhadap kaum muslimin Mekah
·     Menceritakan kaum kafir Quraisy yang mendukung Bani Bakar menyerang Bani Khuzaah sebagai puncak pelanggaran kafir Qurasyi terhadap sulhu Hudaibiyah
Tes tulis
















Tes tulis








2 jampel
















2 jampel









Sirah Nabawiyah    (yang sesuai)


SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)








SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)

Sirah Nabawiyah    (yang sesuai)



Dampak positif/ hikmah Perjanjian Hudaibiyah





·     Menggali hikmah/dampak positif tentang perjanjian Hudaibiyah


·     Menjelaskan momen sulhu Hudaibiyah dimanfaatkan oleh Nabi Muhammad Saw untuk berdakwah di kalangan para raja
·     Menyebutkan para utusan untuk menyampaikan surat Nabi Muhammad Saw kepada para raja
·     Memilah para raja yang menolak dan menerima atas ajakan Nabi Muhammad saw


Tes tulis
Performance

2 jampel

SKI  untuk MI kelas 5 : Depag RI

Sirah Nabawiyah    (yang sesuai)
3.2Menceritakan kronologi peristiwa Fathul Mekah
Pengertian, tujuan Fathul Mekah dan persiapan Nabi Muhammad Saw dalam Fathul Mekah

Peristiwa yang terjadi dalam Fathul Mekah
·     Membaca dengan menggaris bawah bagian yang penting tentang pengertian,  tujuan dan persiapan Nabi Muhammad Saw dalam  Fathul Mekah
·     Mensosiodrama-kan sesuai kelompok tentang peristiwa yang terjadi pada 4 rombongan kaum muslimin saat memasuki kota Mekah,  dan peran  tokoh lainnya


·     Mendefinisikan pengertian Fathul Mekah
·     Menjelaskan tujuan Fathul Mekah
·     Menjelaskan persiapan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam Fathul Mekah dengan membagi 4 rombongan
·     Menyebutkan pesan-pesan Nabi Muhammad Saw  atas pekimpin rombongan
·     Menceritakan tentang peristiwa yang terjadi pada pada 4 rombongan kaum muslimin saat memasuki kota Mekah
·     Menyebutkan tokoh kafir Quraisy (Abu Sofyan) yang masuk Islam saat terjadinya Fathul Mekah
·     Membacakan isi pengumuman dari Nabi Muhammad Saw yang dibacakan oleh Abu Sofyan

Tes tulis














Tes tulis
Performan-ce






2 jampel














2 jampel







SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)










SKI  untuk MI kelas 5 : Depag RI


Tek naskah sosiodrama
3.3   Mengambil ibrah dari peristiwa Fathul Mekah
Sifat pemaaf dan kasih sayang Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa  Fathul Mekah, serta hikmahnya bagi masyarakat dunia
·     Mencari/ menentukan sifat pemaaf dan kasih sayang Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa Fathul Mekah, serta hikmah terjadinya Fathul Mekah bagi masyarakat dunia

·     Mencontoh sifat pemaaf Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa Fathul Mekah
·     Mencontoh sifat kasih sayang Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa  Fathul Makkah
·     Menunjukkan hikmah terjadinya Fathul Mekah bagi masyarakat dunia

Tes tulis
Performan-ce
2 jampel
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)





Standar Kompetensi : 4. Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah Saw

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
4.1  Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah Saw
Peristiwa haji wada’ 

















·     Mencari informasi tentang peristiwa haji wada’
















·     Menjelaskan latar belakang pelaksanaan haji Wada’
·     Menyebutkan isi khutbah wada’ terkait dengan berakhirnya tugas kenabian
·     Menjelaskan kesempurnaan agama Islam sebagai isyarat berakhirnya tugas kenabian yang tertuang dalam wahyu terakhir Qs. Al-Maidah 3
·     Menyebutkan kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan Nabi Muhammad Saw saat haji Wada
Tes tulis







Tes tulis











2 jampel







2 jampel











SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)




Buku sirah Nabawiyah : Haekal (yang relevan)









Pesan-pesan dan permintaan maaf Nabi Muhammad Saw kepada kaum muslimin menjelang akhir hayatnya

Rasulullah Saw  wafat dan reaksi kaum muslimin


·     Menyampaikan kembali permintaan maaf dan pesan-pesan Nabi Muhammad Saw kepada kaum muslimin menjelang akhir hayatnya
·     Membaca dan merangkum tentang kondisi kesehatan Nabi Muhammad Saw hingga Rasulullah Saw  wafat




·     Menyampaikan permintaan maaf Nabi Muhammad Saw kepada kaum muslimin menjelang akhir hayatnya
·     Menjelaskan salah satu pesan penting menjelang akhir hayat Nabi Muhammad Saw
·     Melaporkan hasil kerja siswa tentang kondisi kesehatan Nabi Muhammad Saw  hingga wafat
·     Menyebutkan tanggal, bulan dan tahun Rasulullah Saw Wafat (Masehi/Hijriah)


Tes tulis








Tes tulis
Performan-ce









2 jampel








2 jampel










SKI 3 untuk MI kelas 5 :Depag RI






Buku Sirah Nabawiyah :Haekal (atau yang sesuai)







·     Memaparkan kisah tentang reaksi kaum muslimin atas wafatnya Nabi Muhammad Saw

·     Menanggapi reaksi kaum muslimin yang menolak atas wafatnya Nabi Muhammad Saw
·     Menceritakan upaya Abu Bakar dalam menyadarkan para sahabat yang menolak atas wafatnya Nabi Muhammad Saw

Tes tulis

2 jampel

Buku Sirah Nabawiyah :Haekal (atau yang sesuai)
4.2  Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulul-lah Saw
Hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulul-lah Saw
·     Menggali  hikmah yang terkandung dalam peristiwa akhir hayat Rasulullah Saw bahwa
·     Menjelaskan bahwa setiap yang bernyawa (termasuk Nabi Muhammad Saw) itu akan kembali ke hadirat Allah (mati)
·     Menentukan penerus perjuangan rasul dalam menyampaikan kebenaran (agama) adalah para ulama
·     Menunjukkan perilaku untuk berpegang teguh pada kitabullah dan sunnah nabi agar selamat di dunia dan di akhirat
·      
Tes tulis
Performan-ce
2 jampel
Buku sirah nabawiyah yang sesuai





Mengetahui
Kepala,



________________________

     NIP.  




………. , ………………….
  Guru Pengajar,



____________________

 NIP.














 






                                                                                                                     morac                                                                     
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS VI SEMESTER 1

 SILABUS

Nama Madrasah      : MIN/MIS..........
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester      : VI / I

Standar Kompetensi : 1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
1.1 Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
Pengertian dan
Tugas khulafaura-syidin
·     Mencermati penjelasan guru tentang pengertian dan tugas khulafaurrasyidin, dan bermain lacak huruf
·     Menyebutkan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa
·     Mengonstruksi pengertian khulafaurrasyidin secara istilah
·     Membedakan tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat
·     Menjelaskan bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw bukan tugas khulafaurrasyidin

Tes Tulis
Performan-ce

2 jampel
SKI 4 untuk kelas 6 :Tim Guru MI (Tiga Searangkai)


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
1.2Menceritakan silsilah, kepri-badian Abu Bakar  as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam
Silsilah Abu Bakar

Kepribadian Abu Bakar








·     Membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Abu Bakar
·     Membaca buku tentang kepribadian Abu Bakar






·     Menyebutkan nama ayah dan ibu Abu Bakar
·     Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Abu Bakar
·     Menentukan pertemuan nasab Abu Bakar dengan Nabi Muhammad Saw
·     Menyebutkan karakter sifat Abu Bakar yang menonjol
·     Menjelaskan keahlian/ pekerjaan Abu Bakar
·     Menceritakan sifat luhur Abu Bakar terhadap sesama

Tes Tulis
Produk





Tes Tulis
2 jampel






2 jampel
Bagan silsilah Abu Bakar




SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI

Perjuangan Abu Bakar dalam dakwah Islam

·     Menggali informasi tentang perjuangan Abu Bakar dalam dakwah Islam

·     Menceritakan kisah Abu Bakar sebagai assabiqunal awwalun
·     Mengungkapkan penderitaan Abu Bakar dalam berdakwah
·     Menyebutkan nama-nama tokoh yang masuk Islam atas ajakan Abu Bakar
·     Menunjukkan sikap/ perilaku kesabaran Abu Bakar dalam berdakwah


Tes Tulis

2 jampel

SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI

Siroh Nabawiyah (yang sesuai)


1.3Menunjukkan contoh-contoh nilai positif dari kholifah Abu Bakar as-Shiddiq
Kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak

Keyakinan Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj

Khalifah Abu Bakar menyadarkan Nabi Palsu

Khalifah Abu Bakar menyadarkan kaum murtad

Khalifah Abu Bakar menyadarkan kaum ingkar zakat

Khalifah Abu Bakar membukukan al-Qur’an

Khalifah Abu Bakar merintis dakwah Islam di Persia dan Syiria

·     Mensosiodramakan tentang kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak
·     Bermain bisik pengetahuan tentang keyakinan Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
·     Memperagakan tentang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan nabi palsu
·     Mensosiodramakan tentang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum murtad
·     Mensosiodramakan tengang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum ingkar zakat
·     Membuat dan membaca peta pikiran tentang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam membukukan al-Qur’an



·     Menggali informasi tentang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam merintis dakwah Islam di Persia dan Syiria

·     Menjelaskan kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak
·     Menyebutkan nama-nama budak yang dibebaskan oleh Abu Bakar
·     Menjelaskan keyakinan Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
·     Menjelaskan alasan Abu Bakar mendapat sebutan As-shiddiq
·     Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan nabi palsu
·     Menyebutkan nama-nama tokoh nabi palsu
·     Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum murtad
·     Menyebutkan para sahabat yang ditugaskan khalifah Abu Bakar untuk menyadarkan kaum murtad
·     Menjelaskan alasan-alasan kaum ingkar zakat tidak mau menunaikan kewajiban berzakat
·     Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum ingkar zakat
·     Menjelaskan latar belakang khalifah Abu Bakar melakukan pembukuan al-Qur’an
·     Melaporkan hasil pembukuan al-Qur’an yang dilakukan oleh khalifah Abu Bakar
·     Menjelaskan latarbelakang perintisan dakwah Islam di Persia dan Syiria
·     Menceritakan pelaksanaan dakwah Islam ke Persia
·     Menceritakan pelaksanaan dakwah Islam ke Syiria

Tes tulis
Performance



Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performance





Tes tulis
Performance



Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performance
2 jampel





2 jampel




2 jampel




2 jampel







2 jampel






2 jampel




2 jampel
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid


Teks Naskah Drama



Teks Bisik Pengetahuan



Teks Naskah Peragaan





Teks Naskah Drama





Teks Naskah Drama



Model Peta Pikiran





Sirah Khulafaurrasyi-din/ Ensiklpedi Islam (yang sesuai)

1.4  Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifahan Abu Bakar As- Siddiq
Nilai-nilai keteguhan memegang amanah dan selalu berusyawarah
·     Membiasakan nilai-nilai positif dari kekholifahan Abu Bakar As- Siddiq yang dapat diteladani dalam kehidupan seharai-hari



·     Menunjukkan sikap/ perilaku keteguhan memegang amanah dalam segala hal
·     Membiasakan meneladani Abu Bakar yang selalu bermusyawarah dalam setiap mengambil keputusan penting

Performan-ce






2 jampel






Sirah Khulafaurrasyidin/  Ensiklpedi Islam (yang sesuai)





Standar Kompetensi : 2. Mengenal sejarah khalifah Umar bin Khottob

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
2.1  Mence-ritakan silsilah, kepriba-dian Umar bin Khottob dan perjuangannya dalam dakwah Islam
Silsilah Umar bin Khottob

Kepribadian Umar bin Khottob

Perjuangan Umar bin Khottob dalam dakwah Islam

·     Membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Umar bin Khottob
·     Membaca kisah tentang riwayat kepribadian Umar bin Khottob
·     Menggali informasi tentang perjuangan Umar bin Khottob dalam dakwah Islam






·     Menyebutkan nama ayah dan ibu Umar bin Khottob
·     Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Umar bin Khottob
·     Menentukan pertemuan nasab Umar bin Khottob dengan Nabi Muhammad Saw
·     Menyebutkan karakter sifat Umar bin Khottob
·     Menyebutkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Umar bin Khottob
·     Menjelaskan kedudukan Umar bin Khottob dalam masyarakat kafir Quraisy
·     Menceritakan kisah masuk Islamnya Umar bin Khottob
·     Menceritakan perjuangan Umar bin Khattab setelah masuk Islam, yaitu menjadi pembela nabi/ pembela kaum yang tertindas
·     Menunjukkan sikap/ perilaku membela aqidah Islam dengan berani dan tegas

Tes Tulis
Produk









Tes Tulis
2 jampel










2 jampel




Bagan silsilah Umar bin Khottob








SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI
2.2   Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kholifah Umar bin Khottob
Umar bin Khattab membentuk lembaga-lembaga negara

Umar bin Khattab menetapkan kalender hijriah

Umar bin Khattab peduli terhadap rakyat kecil

Keberanian Umar bin Khattab dalam  memberantas kebatilan

Umar bin Khattab melanjutkan dakwah Islam ke Persia hingga Mesir
·     Mensosiodramakan tentang kebijakan Umar bin Khattab dalam membentuk lembaga-lembaga Negara
·     Melacak informasi tentang kebijakan Umar bin Khattab dalam menetapkan kalender hijriah
·     Bermain kartu sikap/perilaku tentang kepedulian Umar bin Khattab terhadap rakyat kecil
·     Mensosiodramakan kebijakan tentang keberanian Umar bin Khattab dalam  memberantas kebatilan
·     Mensosiodramakan tentang kebijakan Umar bin Khattab dalam melanjutkan dakwah Islam  ke Persia hingga Mesir
·     Menjelaskan latar belakang dibentuknya lembaga negara
·     Menyebutkan lembaga-lembaga Negara yang dibentuk khalifah Umar bin Khattab
·     Menyebutkan fungsi-fungsi lembaga Negara yang dibentuk kholifah Umar bin Khottob
·     Menjelaskan latar belakang ditetapkan kalender Islam
·     Menjelaskan alasan-alasan hijrah nabi ke Yatsrib dijadikan sebagai dasar penghitungan kalender Islam
·     Menyebutkan sahabat yang mengusulkan hijrah nabi ke Yatsrib ditetapkan sebagai awal penghitungan kalender Islam
·     Menceritakan kepedulian khalifah Umar bin Khottob kepada rakyatnya
·     Menjelaskan sikap khalifah Umar bin Khottob membela kaum lemah
·     Menunjukkan sikap/ perilaku peduli terhadap sesama, terutama pada kaum lemah
·     Memberi contoh ketegasan Umar dalam berdakwah
·     Memberi contoh keberanian khalifah Umar dalam memberantas kebatilan terhadap siapapun
·     Menunjukkan sikap/ perilaku keberanian menyampaikan hal yang benar sekalipun terasa pahit/ menyedihkan
·     Menyebutkan nama-nama sahabat yang yang ditugaskan berdakwah di Persia
·     Menceritakan peristiwa terjadinya Fathul Futuh (kemenangan terbesar) dalam berdakwah di Persia

Tes tulis
Performance









Tes tulis
Performan-ce







Tes tulis
Performan-ce






Tes tulis
Performan-ce



Tes tulis
Performan-ce


2 jampel











2 jampel









2 jampel








2 jampel





2 jampel






Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid

Teks Naskah Drama





Sirah Khulafaurrasyi-din/ Ensiklopedi Islan (yang sesuai)




Teks Naskah Drama







Teks Naskah Drama




Teks Naskah Drama






2.3  Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifah-an Umar bin Khottob
Sifat keberanian dan kewara’an khalifah Umar bin Khottob


·     Membaca kisah dan membiasaakan bersikap berani dan wara’ khalifah Umar bin Khottob


·     Meneladani sifat keberanian khalifah Umar bin Khottob dalam memberantas kebatilan
·     Menunjukkan  sikap/ perilaku  sederhana (wara’) dalam kehidupan sehari-hari

Performan-ce







2 jampel







Sirah Khulafaurrasyi-din (yang sesuai)







Standar Kompetensi :  3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
3.1   Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam
Silsilah Utsman bin Affan

Kepribadian Utsman bin Affan

Perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam
·     Membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Utsman bin Affan
·     Menyebutkan sifat-sifat terpuji Utsman bin Affan
·     Menggali informasi tentang perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam

·     Menyebutkan nama ayah dan ibu Utsman bin Affan
·     Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Utsman bin Affan
·     Menentukan pertemuan nasab Utsman bin Affan dengan Nabi Muhammad Saw
·     Menyebutkan karakter sifat Utsman bin Affan
·     Menyebutkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Utsman bin Affan
·     Menjelaskan kedudukan Utsman bin Affan dalam masyarakat kafir Quraisy
·     Menceritakan Utsman bin Affan menerima Islam
·     Menceritakan penderitaan Utsman disiksa pamannya (Hakam bin Ash) mempertahankan aqidah Islam
·     Menceritakan pengorbanan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam

Tes tulis
Produk









Tes Tulis








Tes Tulis
2 jampel










2 jampel








2 jampel
Bagan silsilah Utsman bin Affan








SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI






SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI
3.2 Menun-jukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kholifah Utsman bin Affan
Kedermawanan Utsman bin Affan dalam mendukung dakwah Islam

Kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam pembentukan armada laut Islam

Kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam melanjutkan dakwah Islam di Eropa (Pulau Cyprus)

Kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam membangun gedung peradilan

Kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an


·     Mensosiodramakan kedermawanan Utsman bin Affan dalam mendukung dakwah Islam
·     Menggali informasi tentang kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam pembentukan armada laut Islam
·     Bermain lacak jawab tentang  kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam melanjutkan dakwah Islam di Eropa (Pulau Cyprus)
·     Mensosiodramakan kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam membangun gedung peradilan
·     Mensosiodramakan kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an


·     Menceritakan kedermawanan Utsman bin Affan dalam mendukung dakwah Islam
·     Menyebutkan contoh-contoh kedermawanan
·     Menjelaskan latar belakang dibentuknya armada laut Islam
·     Menyebutkan sahabat yang mengusulkan pembentukan armada laut Islam
·     Menjelaskan latar belakang dakwah Islam di Eropa (Pulau Cyprus)
·     Menceritakan pelaksanaan dakwah di Eropa (Pulau Cyprus)
·     Menjelaskan kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam membangun gedung peradilan
·     Menyebutkan nama-nama sahabat yang bertindak sebagai mufti (hakim)
·     Menjelaskan latar belakang dilakukan penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an
·     Menyebutkan para sahabat yang berperan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an
·     Melaporkan hasil kerja panitia penyempurnaan dan penggandaan mushaf al-Qur’an dan pendistribusiannya ke kota-kota besar

Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performan-ce





Tes tulis
Performance






Tes tulis
Performance





Tes tulis
Performance






2 jampel




2 jampel







2 jampel








2 jampel







2 jampel







Teks Naskah Drama



Sirah khulafaurrasyi-din (yang sesuai)




Kartu lacak jawab







Teks Naskah Drama






Teks Naskah Drama





3.3  Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifah-an Utsman bin Affan
Sifat kedermawanan khalifah Utsman bin Affan



·     Membiasakan meneladani sifat kedermawanan khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari


·     Meneladani sifat kedermawanan khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari
·     Menunjukkan sikap/ berlaku derma dalam berbagai bentuk/ keadaan

Performan-ce






2 jampel






Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid







   Mengetahui
   Kepala Madrasah,




 ________________________

    NIP.  

       ……….. , ………………….
       Guru Pengajar,




        _______________________

        NIP.


 






                                                                                                                     morac                                                                     
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS VI SEMESTER 2

SILABUS

Nama Sekolah         : MIN/MIS.......
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester      : VI / II

Standar Kompetensi : 4. Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Tholib

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
4.1  Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan kholifah Ali bin Abi Tholib
Silsilah Ali bin Abi Tholib

Kepribadian Ali bin Abi Tholib

Perjuangan Ali bin Abi Tholib dalam dakwah Islam
·     Membuat/membaca bagan tentang silsilah keluarga Ali bin Abi Tholib
·     Membaca kisah tentang riwayat kepribadian Ali bin Abi Tholib
·     Menggali informasi tentang perjuangan Ali bin Abi Tholib dalam dakwah Islam

·           Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Ali bin Abu Tholib
·           Menyebutkan nama ayah dan ibu Ali bin Abu Tholib
·           Menentukan pertemuan nasab Ali bin Abu Tholib dengan Nabi Muhammad
·           Menyebutkan karakter sifat Ali bin Abu Tholib
·           Menjelaskan beberapa keahlian/ kelebihan-kelebihan Ali bin Abu Tholib yang menonjol
·           Menceritakan Ali bin Abu Tholib menerima Islam
·           Menceritakan kegigihan Ali bin Abu Tholib dalam berdakwah sejak kecil
·           Menceriterakan keikutsertaan Ali bin Abu Tholib dalam menghadapai kaum kafir

Tes tulis
produk







Tes Tulis







Tes Tulis
2 jampel








2 jampel







2 jampel
Bagan silsilah Umar bin Khottob





SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI






SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI
Ensiklopedi Islam
4.2  Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekholifah-an Ali bin Abi Tholib
Kejeniusan Ali bin Abu Tholib sebagai ‘Pintu gerbang ilmu pengetahuan’

Kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam

Kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab
·     Membawakan cerita tentang kejeniusan Ali bin Abu Tholib sebagai ‘Pintu gerbang ilmu pengetahuan’
·     Membawakan cerita tentang kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam
·     Menggali informasi tentang kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab
·           Menceritakan ketekunan Ali bin Abu Tholib dalam menuntut ilmu pengetahuan
·           Menjelaskan kejeniusan Ali bin Abu Tholib sebagi gerbang ilmu pengetahuan
·           Menjelaskan latar belakang khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam
·           Menunjukkan contoh-contoh langkah kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam
·           Menjelaskan kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab
·           Menyebutkan para sahabat yang menekuni di bidang ilmu bahasa Arab

Tes tulis
Performan-ce







Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance




2 jampel









2 jampel


2 jampel







Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid

Teks Naskah Cerita



Teks Naskah Cerita



Ensiklopedi Islam/Sirah Khulafaurrasyi-din (yang sesuai)




4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifah-an Ali bin Abi Tholib

Sifat ketekunan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam  menuntut ilmu
·   Membiasakan meneladani sifat ketekunan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam  menuntut ilmu
·     Memilih sikap ketekunan menuntut ilmu dalam  kehidupan sehari-hari
·     Menunjukkan sikap/ perilaku tekun dalam menuntut ilmu
Performan-ce
Tes tulis






2 jampel






Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid




















Standar Kompetensi : 5. Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar

1
2
3
4
5
6
7
5.1   Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing
Perjuangan tokoh agama agama Islam di tanah jawa/ Jawa Timur
·     Mencari tokoh-tokoh agama setempat (di Tanah Jawa dan Jawa Timur)

·         Menyebutkan tokoh-tokoh pembawa agama Islam di Tanah Jawa
·         Menyebutkan tokoh-tokoh pembawa agama Islam Jawa Timur
Tes tulis





2  jampel





Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)




5.2   Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing
Perjuangan tokoh pembawa agama Islam di Jawa Timur







·     Mennggali informasi tentang perjuangan tokoh agama Islam di tanah jawa




·         Menceriterakan perjuangan tokoh agama Sunan Ampel pembawa agama Islam di Jawa Timur
·         Menyebutkan cara-cara efektif berdakwah (menyampaikan kebenaran) yang dilakukan Sunan Ampel
·         Menceriterakan perjuangan tokoh agama Sunan Giri pembawa agama Islam di Jawa Timur
·         Menyebutkan cara-cara efektif berdakwah (menyampaikan kebenaran) yang dilakukan Sunan Giri

Tes tulis










Tes tulis



2 jampel










2 jampel


Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)






Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)

5.3  Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing
Profil perjuangan tokoh pembawa agama Islam di Jawa Timur


·     Membaca dan membiasakan cara menyampaikan kebenaran dan berprilaku luhur Sunan Ampel dan Sunan Giri

·           Meniru cara berdakwah (menyampaikan kebenaran) yang dilakukan Sunan Ampel
·           Meneladani sifat-sifat luhur yang menonjol dari Sunan Ampel
·           Meniru cara berdakwah (menyampaikan kebenaran) yang dilakukan Sunan Giri
·           Meneladani sifat-sifat luhur yang menonjol dari Sunan Giri

Performan-ce
Tes tulis





Performan-ce
Tes tulis





2 jampel







2 jampel




Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)



Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)




           Mengetahui
           Kepala Madrasah,




________________________

         NIP.  

    ……….. , ………………….
             Guru Pengajar,




             _______________________

             NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar