PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS
III SEMESTER 1
SILABUS
Nama Sekolah :
MIN/MIS.......
Mata Pelajaran :
SKI
Kelas :
III (Tiga)
Semester :
1 (Satu)
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra Islam
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1. Menceritakan kondisi alam, sosial dan pereko-nomi an masyarakat Arab pra
Islam
|
·
Kedaan geografis daerah Mekah dan
sekitarnya
|
·
Membeca cepat tentang keadaan
geografis daerah Mekah dan sekitarnya
·
Merangkum tentang keadaan geografis
daerah Mekah dan sekitarnya.
·
Permainan lacak jawab tentang
keadaan geografis
|
· Menyebutkan pengertian masa pra Islam
· Menjelaskan keadaan geografis daerah Mekah dan sekitarnya
· Menyebutkan kelebihan dan kekurangan letak geografis Mekkah dan madinah
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam pelajaran
|
·
Buku Sejarah Nabi Muhamad Saw yang
sesuai
·
Gambar-gambar/flm tentang masyaraArab
pra islam
·
Alat permainan Lacak Jawab
·
Ensiklopedi Bangsa Arab pra Islam
|
·
Bentuk /pola kehidupan keluarga
dan social masyarakat Arab pra Islam
|
·
Membaca buku tentang kondisi
masyarakat Arab praIslam
·
Mengamati gambar-gambar/ flm dan
membuat peta pikiran tentang bentuk perilaku masyarakat Arab pra Islam
|
· Menyebutkan pola-pola kehidupan keluarga dan sosial masyarakat Arab pra
Islam
· Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pola kehidupan keluarga dan
sosial masyarakat Arab pra Islam secara sederhana
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam pelajaran
|
||
·
Keadaan ekonomi masyarakat arab
pra islam
|
·
Membuat catatan tentang mata
pencaharian dan ekonomi masyarakat Arab pra Islam
·
Berdiskusi tentang mata
pencaharian, dan keadaan ekonomi
masyarakat Arab pra Islam
|
· Menyebutkan jenis-jenis mata pencaharian masyarakat Arab pra Islam
· Menjelaskan faktor-faktor yang mendukung jenis-jenis mata pencaharian
masyarakat Arab pra Islam secara sederhana
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam pelajaran
|
||
1.2. Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra
Islam
|
Adat istiadat masyarakat Arab pra Islam
· kebiasaan yang biasa dilakukan masyarakat Arab pra islam dalam bertamu
dan minum minuman keras
|
·
Membaca cerita tentang kebiasaan
masyarakat Arab pra Islam dalam bertamu dan minum minuman keras
·
Bermain peran tentang
kebiasaan yang biasa dilakukan masyarakat Arab pra islam dalam bertamu dan
minum-minuman keras.
|
· Menyebutkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan masyarakat Arab
pra Islam secara umum
· Membedakan kebiasaan baik dan buruk masyarakat Mekah pra Islam
· Menjelaskan cara menghindari kebiasaan buruk
masyarakat Arab pra Islam dalam bertamu dan minum minuman keras
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
·
Buku Sejarah Nabi Muhamad Saw yang
sesuai
·
Gambar-gambar/flm tentang
masyarakat Arab pra islam
|
Kepercayaan
masyarakat Arab pra Islam
· Hal-hal
yang biasa disembah oleh masyarakat
Arab pra Islam
|
·
Mengamati gambar-gambar/ flm
tentang kebiasaan masyarakat Arab pra Islam dalam menyembah berhala
·
Membaca buku tentang kebiasaan
masyarakat Arab pra Islam dalam menyembah berhala
·
Diskusi tentang kebiasaan/perilaku
orang yang menyembah berhala.
·
Simulasi tentang kebiasaan yang
biasa dilakukan masyarakat Arab pra islam dalam menyembah berhala
|
· Menyebutkan benda-benda (berhala) yang biasa disembah oleh masyarakat Arab pra Islam
· Menunjukkan sikap menolak kebiasaan menyembah berhala
masyarakat Arab pra Islam
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam pelajaran
|
||
·
Kebiasaan masyarakat Arab pra islam
dalam mengundi nasib di depan berhala
|
·
Mencatat kebiasaan yang dilakukan
masyarakat Arab pra islam dan kepercayaan yang ada pada masyarakat Arab pra
Islam
·
Mendiskusikan tentang kebiasaan
masyarakat Arab pra islam dalam mengundi nasib di depan berhala,
|
· Menjelaskan alasan masyarakat Arab pra Islam mengundi nasib di depan
berhala secara sederhana
· Mendeskripsikan
kebiasaan masyarakat Arab pra islam dalam mengundi nasib di depan berhala..
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam pelajaran
|
||
1.3.
Mengambil ibrah dari sejarah
masyarakat Arab Pra Islam
|
·
Adat istiadat masyarakat Arab pra
Islam
|
·
Permainan kartu tentang kebiasaan baik dan buruk dalam kehidupan
masyarakat Arab pra islam
·
Membuat peta konsep/pikiran
tentang tata cara berekonomi masyarakat Arab pra Islam
|
· Menjelaskan nilai-nilai positif yang perlu diteladani dari adat istiadat masyarakat
Arab pra Islam secara sederhana
· Menjelaskan sikap negatif dari adat istiadat masyarakat Arab pra islam yang
perlu dihindari secara sederhana.
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam pelajaran
|
·
Buku Sejarah Nabi Muhamad Saw yang
sesuai
·
Kartu permainan tentang kebiasaan
masyarakat Arab pra islam
|
·
Kepercayaan masyarakat Arab pra
Islam
|
·
Sosiodrama tentang perilaku
menyembah berhala yangdilakukan masyarakat Arab pra islam.
·
Simulasi tentang cara mengundi
nasib masyarakat Arab pra Islam.
|
· Menjelaskan sikap buruk yang perlu dihindari dari masyarakat Arab pra
islam dalam bertuhan
· Memilah kebiasaan buruk masyarakat Arab pra islam dalam mengundi nasib
|
·
Lisan
·
performance
|
2 jam pelajaran
|
......... , ...............................
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
...................................... .....................................
NIP. NIP.
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
III SEMESTER 2
SILABUS
Nama Sekolah : MIN/MIS.......
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas : III
(Tiga)
Semester : II (dua)
STANDAR
KOMPETENSI : 2. Mengenal
sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1. Menceritakan kejadian luar biasa yang meng-iringi lahir nya Nabi
Muhammad Saw
|
·
Rencana penyarangan pasukan
bergajah terhadap ka’bah
|
·
Membaca/melihat flm tentang
rencana penyerangan pasukan bergajah terhadap ka’bah
·
Membuat catatan tentang tentang
rencana penyerangan pasukan bergajah terhadap ka’bah
·
Bermain peran tentang rencana
penyerangan ka’bah
|
· Menjelaskan tentang ka’bah secara sederhana
· Menjelaskan kisah Abrahah dan bala tentaranya secara sederhana
· Menjelaskan alasan Abrahah menyerng dan ingin menghancurkan ka’bah
secara sederhana
· Menjelaskan rencana penyerangan pasukan bergajah terhadap ka’bah secara
sederhana
|
·
Tulis
·
lisan
|
2 jam
pelajaran
|
·
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw
yang sesuai
·
Flm/ gambar tentang rencan Raja
Abrahah menyerang ka’bah
|
·
Keadaan alam sekitar Mekah
menjelang kelahiran Nabi Muhammad
·
Kabar yang berkembang di
masyarakat Mekah akan lahirnya nabi akhir zaman
|
·
Mencari informasi
sebanyak-banyaknya tentang keadaan alam sekitar Mekah menjelang kelahiran
Nabi Muhammad
·
Merangkum tentang beberapa
peristiwa penting menjelang Kelahiran Nabi
·
Bertanya jawab tentang adanya
habar di Mekah akan lahirnya Nabi Muhammad
|
· Menjelaskan keadaan alam sekitar Mekah menjelang kelahiran Nabi Muhammad
secara sederhana
· Menjelaskan adanya kabar yang berkembang di masyarakat Mekah akan
lahirnya nabi Muhammad secara sederhana
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam
pelajaran
|
||
2.2.
Menceritakan sejarah kelahiran dan
silsilah Nabi Muhammad Saw
|
· Hamilnya
Aminah dan wafatnya Abdullah
· waktu
dan tempat kelahiran Nabi Muhammad
Saw
|
·
Mencari informasi
sebanyak-banyaknya tentang keluarga Abdullah bin Abdul Mutholib dengan
Aminah binti Wahab
·
Bertanya jawab tentang kehidupan
keluarga Abdullah dan Aminah
·
Membuat catatan tentang kehidupan
keluarga Abdullah dan Aminah
|
· Menjelaskan Hamilnya Aminah binti Wahab dan wafatnya Abdullah bin Abdul
Mutholib
· Menyebutkan tempat dan waktu Nabi Muhammad s.a.w
dilahirkan
· Menunjukkan sikap meyakini lahirnya nabi Muhammad
s.a.w
|
·
Tulis
·
lisan
|
2 jam
pelajaran
|
·
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw
yang sesuai
·
Silsilah nabi Muhammad Saw.
|
|
|
|
||||
·
Silsilah nabi Muhammad Saw.
|
·
Membaca tentang asal usul
keluarga Nabi Muhammad
·
Mencermati silsilah Nabi Muhammad
Saw.
·
Merangkum silsilah nabi Muhammad
Saw.
|
· Menyebutkan silsilah nabi Muhammad s.a.w dari pihak ayah
· Menyebutkan silsilah nabi Muhammad s.a.w dari pihak ibu
|
·
Tulis
·
lisan
|
2 jam
pelajaran
|
||
·
Kehidupan Nabi
Muhammad pada masa kanak-kanak
|
·
Membaca buku tentang kehidupan
nabi Muhammad pada masa kanak-kanan
·
Membaca cerita tentang kehidupan
nabi Muhammad dalam asuhan Aminah dan Abdul Mutholib.
·
Membuat rangkuman tentang
kehidupan Nabi Muhammad diwaktu kecil
|
· Menjelaskan kehidupan nabi Muhammad s.a.w setelah ibunya wafat
· Menyebutkan keistimewaan-keistimewaan dan akhlaq yang dimiliki nabi
Muhammad sejak kecil
|
·
Tulis
·
lisan
|
3 jam
pelajaran
|
||
2.3. Mengambil ibrah dari kelahiran Nabi Muhammad Saw.
|
·
Nabi Muhammad lahir dari keluarga
yang baik dan terhormat
|
·
Mendiskusikan tentang kelahiran,
sisilah, dan kehidupan Nabi Muhammad
pada masa kanak-kanak
·
Merangkum tentang kelahiran,
sisilah, dan kehidupan Nabi Muhammad pada masa kanak-kanak
|
· Menjelaskan bahwa pemimpin yang baik itu lahir dari keluarga yang baik
· Menjelaskan bahwa Pemimpin besar tidak mesti dari keluarga kaya dan
berkelimang harta
· Menunjukkan sikap meneladani kehidupan Nabi Muhammad di waktu kecil.
|
·
Tulis
·
lisan
|
2 jam
pelajaran
|
·
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw
yang sesuai
·
Silsilah nabi Mu-hammad Saw.
|
STANDAR
KOMPETENSI : 3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad Saw.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.1. Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad Saw.
|
o Tanda kenabian
o Kebiasaan Nabi Muhammad berkholwat di Goa khiro
|
·
Mencari informasi tentang
kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad sebelum menerima wahyu pertama
·
Membuat catatan kebiasaan nabi
Muhammad menyendiri sebelum menerima wahyu
|
· Menjelaskan tanda-tanda kenabian yang dimiliki nabi Muhammad s.a.w
sebelum diangkat menjadi nabi
· Menjelaskan kebiasaan Nabi Muhammad berkholwat di Goa khiro
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam
pelajaran
|
·
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw
yang sesuai
·
Flm/ gambar peristiwa kenabian
(bi’tsah)
|
|
o Peristiwa turunnya wahyu pertama
|
·
Mengamati gambar/ melihat film
tentang peristiwa bi’tsah (kenabian) Nabi Muhammad Saw.
·
Membaca tentang isi nasihat
Waroqoh bin Naufal terhadap nabi Muhammad Saw
·
Sosiodrama tenang turunnya wahtu
pertama
|
o
Menjelaskan peristiwa turunnya
wahyu pertama
o
Menunjukkan sikap meyakini peristiwa
turunnya wahyu pertama
|
·
Tulis
·
Lisan
|
2 jam
pelajaran
|
|||
3.2 Mengambil ibrah dari peristiwa kerasulan
Muhammad Saw.
|
o Memperbaiki akhlak diri sebelum menyeru kepada orang lain
|
.
·
Studi kasus tentang meneladani
akhlaq Muhammad Saw
|
· Menjelaskan tentang kewajiban membenahi dan memperbaiki akhlak diri
sendiri sebelum orang lain
· Menunjukkan sikap meyakini perlunya, menghindari/menjauhi masyarakat
yang berakhlak buruk
· Menggambarkan
sikap meyakini Kerasulan Muhammad SAW.
|
·
Tulis
·
Lisan
|
3 jam pelajaran
|
·
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw
yang sesuai
·
Flm/ gambar peristiwa kenabian
(bi’tsah)
|
............
, ..............................
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
...................................... .....................................
NIP.
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
IV SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah : MIN/MIS..........
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : IV / I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1 Menjelas kan dakwah Nabi Muhammad Saw
beserta para sahabatnya
|
·
Pengertian dakwah secara
sembunyi-sembunyi (secara sir)
·
waktu yang digunakan untuk dakwah
secara sir.
·
orang-orang yang masuk islam pada
masa dakwah secara sir
|
·
Membaca cerita tentang dakwah
secara sembunyi-sembunyi (sir) yang dilakukan Nabi Muhammad Saw.
·
Bercerita tentang waktu dilakukan
untuk berdakwah secara sir.
·
Mencari nama-nama sahabat yang
pertama kali memeluk Islam
·
Membuat rangkuman tentang
pengertian dakwah secara sir, waktu, dan orang-orang yang masuk Islam pada
saat itu
|
·
Menyebutkan pengertian dakwah secara sembunyi-sembunyi (secara sir)
·
Menyebutkan
waktu yang digunakan untuk dakwah secara sir.
·
Menyebutkan
orang-orang yang masuk islam pada masa dakwah secara sir (assabiqunal
awwalun)
|
·
Tulis
|
2 jam
pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
·
pengertian dakwah secara
terang-terangan (jahr)
·
waktu dan tempat yang digunakan
untuk dakwah secara jahr
|
·
Membaca kisah tentang dakwah Nabi
secara terang-terangan (jahr)
·
Mencari keterangan tentang waktu
dan tempat yang dilakukan Rasulullah Saw. untuk berdakwah secara jahr
·
Membuat catatan tentang pengertian dakwah secara
terang-terangan (jahr), waktu dan tempat yang digunakan untuk dakwah
secara jahr
|
·
Menjelaskan pengertian dakwah secara
terang-terangan (jahr)
·
Menyebutkan waktu dan tempat yang digunakan
untuk dakwah secara jahr
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
||
·
Isi ajaran dakwah secara jahr
·
Tanggapan masyarakat Mekah
terhadap dakwah Rasulullah Saw secara jahr.
|
·
Mencari informasi tentang isi ajaran Nabi dalam dakwah
secara jahr
·
Membaca kisah tentang berbagai
tantangan yang dialami Nabi pada saat berdakwah secara jahr.
·
Membuat rangkuman tentang isi
ajaran dakwah secara jahr dan tanggapan
masyarakat Mekah terhadap dakwah Rasulullah Saw secara jahr.
|
·
Menyebutkan isi ajaran dakwah secara jahr
·
Menyebutkan tanggapan masyarakat Mekah terhadap dakwah Rasulullah Saw
secara jahr.
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
||
1.2 Menunjuk kan contoh ketabahan Nabi
Muhammad Saw beserta para sahabatnya dalam berdakwah
|
·
Hal-hal yang dilakukan Abu Lahab
untuk menghentikan dakwah Rasulullah Saw.
·
Hal yang pernah dilakukan Ummu
jamil, istri Abu Jahal, untuk menghalangi dakwah Rasulullah Saw.
|
·
Membaca cerita tentang hal-hal yang pernah dilakukan Abu
Lahab untuk menghalangi dakwah Rasulullah Saw.
·
Membeca keterangan tentang hal
yang dilakukan oleh Ummu Jamil untuk menghalangi dakwah Rasulullah Saw.
·
Bermain peran tentang hal-hal yang dilakukan oleh tokoh
Quraisy, untuk menghentikan dakwah Rasulullah Saw
|
·
Menceritakan
tentang hal-hal yang dilakukan oleh para tokoh quraisy, untuk menghalangi
dakwah Rasulullah Saw.
·
Menolak
hal-hal yang dilakukan Abu Lahab, Ummu jamil, istri Abu Jahal, untuk
menghentikan dakwah Rasulullah Saw
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
·
Pemboikotan kafir Quraisy terhadap bani hasyim
|
·
Sosiodrama tentang Pemboikotan
yang dilakukan kafir Quraisy terhadap Bani Hasyim dan Bani Abdul Mutholib
|
·
Menjelaskan
peristiwa pemboikotan kafir Quraisy terhadap Bani Hasyim
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
||
·
Ketabahan Bilal bin Rabah saat
disiksa oleh Umayah bin Kholaf,
·
Menceritakan siksaan kafir
Quraisy terhadap keluarga Yasir
|
·
Membaca cerita tentang kekejaman
kafir Quraisy terhadap Bilal bin
Robah dan keluarga Yasir
·
Diskusi tentang siksaan kafir
Quraisy terhadap Bilal bin Robah dan
keluarga Yasir
|
·
Menjelaskan
ketabahan Bilal bin Rabah saat disiksa oleh Umayah bin Kholaf, majikannya.
·
Menceritakan
siksaan kafir Quraisy terhadap keluarga Yasir
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
||
1.3 Meneladani
ketabahan Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya dalam berdakwah
|
·
Setiap menyeru kepada kebaikan,
sering mendapat rintangan
·
Perlunya kesabaran dan ketabahan
dalam mempertahan kan aqidah
|
·
Membaca cerita tentang sikap
Rasulullah Saw terhadap orang kafir yang senantiasa memusuhinya
·
Sosiodrama tentang ketabahan
Rasulullah Saw dan para sahabat dalam berdakwah
|
·
Meyakini bahwa setiap menyeru
kepada kebaikan, sering mendapat rintangan
·
Menjelaskan bahwa untuk
mempertahankan aqidah yang benar perlu kesabaran dan ketabahan
·
Membiasakan bersikap sabar, pemaaf, meskipun terhadap
orang yang pernah atau sering memusuhi kita
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
STANDAR
KOMPETENSI : 2. Mengenal kepribadian Nabi
Muhammad Saw
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1 Mengidenti-fikasi ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad
Saw sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
·
Kasih sayang Rasullah Muhammad Saw terhadap anak-anak
·
Kasih sayang Rasulullah Muhammad
Saw terhadap wanita dan pembantu
|
·
Membaca cerita tentang
berbagai bentuk kasih sayang
Rasulullah terhadap anak-anak, wanita, dan pembantu
·
Bercerita tentang sikap
Rasulullah terhadap anak-anak, wanita, dan pembantu/budak
·
Bermain peran tentang sikap
Rasulullah terhadap anak-anak, wanita, dan pembantu/budak
|
·
Menjelaskan sifat kasih
sayang Rasullah Muhammad Saw terhadap anak-anak, wanita dan pembantu
·
Menyenangi kasih sayang
Rasullah Muhammad Saw terhadap anak-anak, wanita, dan pembantu
|
·
Tulis
|
2 jam
pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
·
Kasih sayang Rasulullah Muhammad
Saw terhadap, umat Islam, nonIslam, dan orang-orang yang memusuhi nya
|
·
Membaca cerita tentang sikap
Rasulullah Saw terhadap orang kafir yang senantiasa memusuhinya
·
Mendiskusikan tentang sikap kasih
sayang dan pemaaf Rasulullah Saw
|
·
Menjelaskan sifat kasih
sayang Rasullah Muhammad Saw terhadap, umat Islam, nonIslam, dan orang-orang
yang memusuhinya
|
·
Tulis
|
2 jam
pelajaran
|
||
·
Kepedulian Nabi Muhammad Saw
terhadap hewan dan tumbuhan
|
·
Mencari informasi tentang
bentuk-bentuk kepedulian Rasulullah Saw terhadaphewan dan tumbuhan.
·
Membuat catatan tentang
kepedulian Nabi Muhammad Saw terhadap hewan dan tumbuhan
|
·
Menjelaskan
kepedulian Nabi Muhammad Saw terhadap hewan dan tumbuhan
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
||
2.2 Menunjuk kan contoh perilaku yang
meneladani kepribadian Nabi Muhammad Saw
sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
·
Cerita tentang seseorang yang
setiap saat meludahi Rasulullah, disaat ia sakit Rasulullah menjenguknya.
·
Cerita tentang peristiwa fathul
Mekah
|
·
Membaca cerita tentang Rasulullah
menjenguk orang sakit yang setiap saat meludahinya
·
Membuat rangkuman tentang anjuran
Rasulullah untuk tidak merusak tanaman di sekitar tanah haram ketika terjadi
peristiwa fathul Mekah
·
Sosiodrama peristiwa fathul
Mekah
|
·
Menceritakan tentang Rasulullah
menjenguk orang sakit yang setiap saat meludahinya
·
Menjelaskan tentang anjuran
Rasulullah untuk tidak merusak tanaman di sekitar tanah haram ketika terjadi
peristiwa fathul Mekah
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
2.3 Meneladani
kepribadian Nabi Muhammad Saw
sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
·
Kasih sayang terhadap sesama
manusia (anak-anak, wanita, pembantu)
·
Sikap yang baik terhadap orang
yang senantiasa menunjukkan sikap perlawanan.
|
·
Berdiskusi tentang sifat kasih
sayang Nabi Muhammad Saw terhadap sesama (anak-anak, wanita, pembantu, umat
Islam, nonIslam, dan orang-orang yang memusuhinya)
·
Bermain peran tentang sifat kasih
sayang Rasulullah terhadap sesama manusia
|
·
Menjelaskan bentuk-bentuk kasih sayang terhadap sesama
manusia (anak-anak, wanita, pembantu)
·
Menjelaskan sikap yang baik
terhadap orang yang senantiasa menunjukkan sikap perlawanan.
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
·
Sikap yang baik terhadap hewan
dan tumbuhan di sekitar.
|
·
Tanya jawab tentang kepedulian Nabi Muhammad Saw terhadap alam
sekitar (hewan dan tumbuhan)
|
2.3.1 Memrakarsai sikap yang baik terhadap hewan dan tumbuhan di sekitar
|
·
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
.........
, ..............................
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
...................................... .....................................
NIP :
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
IV SEMESTER II
SILABUS
Nama Madrasah : MIN/MIS..........
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : IV (Empat) /
II
STANDAR
KOMPETENSI : 3. Memahami hijrah Nabi Muhammad Saw ke Thaif
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1 Mengidentifi-kasi sebab-sebab Nabi
Muhammad Saw hijrah ke Thaif
|
·
Keadaan kaum muslimin yang
terkepung di lembah Syi’ib
·
Wafatnya Abu Tholib dan khodijah
|
·
Membaca keterangan tentang
Pemboikotan kaum Muslimin di lembah Syi’ib
·
Mencari informasi tentang wafatnya
Abu Tholib dan Khodijah
·
Tanya jawab tentang pemboikotan
kaum muslimin yang terkepung di lembah Syi’ib dan wafatnya Abu Tholib dan
Khodijah
|
·
Menceritakan tentang keadaan kaum
muslimin yang terkepung di lembah Syi’ib
·
Menjelaskan tentang wafatnya Abu
Tholib dan khodijah
|
Tulis
|
2 jam
pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
·
Semakin kerasnya tekanan kafir
Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.
|
·
Mencari informasi tentang semakin
kerasnya tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.
·
Membuat rangkuman tentang semakin
kerasnya tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw
·
Sosiodrama tentang tekanan kafir
Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.
|
·
Menjelaskan tentang semakin
kerasnya tekanan kafir Quyraisy terhadap diri rsulullah Saw.
·
Menolak tekanan kafir Quyraisy
terhadap diri Rasulullah Saw
|
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
||
3.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke
Thaif
|
·
Rasulullah Saw hijrah ke thoif
·
Sikap kasar Bani Tsaqif di Thoif
|
·
Membaca cerita tentang perjalanan
hijrah Rasulullah Saw. Ke Thoif
·
Membaca keterangan tentang sambutan
kasar bani Tsaqif terhadap kedatangan Rasulullah di Thoif
·
Bermain peran tentang sikap kasar Bani Tsaqif terhadap Rasulullah Saw di Thoif
|
·
Menjelaskan tentang hijrah
Rasulullah Saw ke thoif
·
Menceritakan sikap kasar Bani
Tsaqif di Thoif
·
Menolak sikap kasar Bani Tsaqif
di Thoif
|
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
·
Do’a Rasulullah untuk Bani Tsaqif
·
Pertemuan Rasulullah dengan
‘Addas, budak Rabi’a, di kebun anggur
|
·
Mencermati isi do’a Rasulullah
terhadap Bani Tsaqif
·
Membeca cerita tentang pertemuan
Rasulullah dengan ‘Addas di kebun anggur milik Rabi’a
·
Bercerita tentang sikap
Rasulaullah Saw terhadap Bani Tsaqif dan penduduk Thoif
|
·
Menjelaskan do’a Rasulullah untuk
Bani Tsaqif
·
Menceritakan kisah pertemuan
Rasulullah dengan ‘Addas, budak Rabi’a, di kebun anggur
|
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
||
3.3
Meneladani kesabaran Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa
hijrah ke Thoif
|
·
Kesabaran Rasulullah atas perlakuan
Bani Tsaqif
·
Perbuatan kasar, buruk tidak harus
dibalas dengan perilaku yang kasar
|
·
Mendiskusikan tentang hijrah
Rasulullah Saw ke Thoif
·
Sosiodrama tentang Kesabaran
Rasulullah atas perlakuan Bani Tsaqif di Thoif
|
·
Meyakini tidak
sumua hal/tujuan yang baik akan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat
·
Menyetujui
bahwa perbuatan kasar, buruk tidak harus dibalas dengan perilaku yang kasar
|
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1 Mendeskrip-sikan peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad Saw
|
·
Pengertian Isra’ Miraj
·
Tujuan Rasulullah Saw. di-Isra’
Mi’rajkan
·
Kejadian penting saat Isra’
Mi’raj
·
Proses turunnya perintah sholat lima
waktu
|
·
Membaca keterangan tentang
pengertian isra’ mi’raj
·
Menceritakan beberapa peristiwa
yang dialami Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan Isra’-Mi’roj
·
Membuat rangkuman tentang
peristiwa Isra’ Mi’raj
|
·
Menjelaskan pengertian dan tujuan
Isra’ Miraj Rasulullah Saw.
·
Menyebutkan kejadian penting saat
Isra’ Mi’raj
·
Menjelaskan proses turunnya
perintah sholat lima
waktu
|
Tulis
|
3 jam pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
·
Tanggapan masyarakat Makkah
terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj.
|
·
Mencari informasi tentang
tanggapan Mekah terhadap peristiwa isra’ mi’raj
·
Bermain peran tentang sikap
masyarakat Mekah terhadap peristiwa isra’ mi’raj
|
·
Menjelaskan berbagai tanggapan masyarakat Mekah
terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj.
·
Memilah tanggapan masyarakat Mekah
terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj.
|
Tulis
|
2 jam pelajaran
|
||
4.2 Mengambil hik-mah dari peris-tiwa
Isra’-Mi’raj Nabi Muham-mad Saw
|
·
Allah maha Kuasa atas segala
sesuatu
·
Sholat merupakan ibadah yang
utama bagi ummat Islam
·
Peristiwa isro’mi’roj itu merupakan
ujian keimanan seseorang
|
·
Mendiskusikan tentang peristiwa
Isra’ Mi’raj dan tanggapan masyarakat terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj
·
Membuat catatan tentang
hikmahyang dapat diambil dari peristiwa Isra’ Miraj dan tanggapan masyarakat
teradap peristiwa tersebut.
|
·
Meyakini bahwa apabila
Allah menghendaki terjadinya sesuatu, pasti terjadi, meskipun di luar batas
pemikiran manusia
·
Mengimani bahwa ibadah sholat
merupakan ibadah yang paling utama bagi ummat Islam
·
Menyakini bahwa peristiwa
isro’mi’roj itu merupakan ujian keimanan seseorang
.
|
Portopolio
|
3 jam pelajaran
|
Buku Sejarah Nabi Muhammad Saw yang sesuai
|
......... , ..............................
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
...................................... .....................................
NIP : NIP
:
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
V SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah : MIN/MIS..........
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : V / I (ganjil)
Standar Kompetensi : 1. Mengenal peristiwa
hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1Mengidentifika-si
sebab-sebab hijrah Nabi Muham-mad Saw ke Yatsrib
|
Peristiwa
Baiatul Aqobah I
Peristiwa
Baiatul Aqobah II
Rencana
jahat (makar) kaum kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad Saw
|
·
Membaca buku
tentang peristiwa Baiatul Aqobah I
·
Menggali
informasi tentang peristiwa Baiatul Aqobah II
·
Bermain peran
tentang rencana jahat (makar) kaum kafir Quraisy di Darun Nadwah menjelang
Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib
|
· Menjelaskan latarbelakang peristiwa Baiatul Aqobah I
· Menceritakan peristiwa Baiatul Aqobah I sebagai salah satu sebab Nabi hijrah ke
Yatsrib
· Menceritakan peristiwa Baiatul Aqobah II sebagai salah
satu sebab Nabi hijrah ke Yatsrib
· Menjelaskan faktor-faktor penduduk Yatsrib mudah
menerima Islam
· Menjelaskan rencana jahat kaum kafir Quraisy di Darun
Nadwah menjelang Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib
·
Menceritakan 10
pemuda pilihan kafir Quraisy mengepung rumah Nabi Muhammad Saw
·
Menceritakan
keberanian Ali bin Abu Tholib tidur di tempat tidur Nabi Muhammad Saw dan
memakai selimutnya
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
SKI
3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
Ensiklopedi
Islam/ Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
Naskah
bermain peran
|
1.2 Menceri-takan
peristiwa hijrah Nabi Muham-mad Saw ke Yatsrib
|
Upaya
Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam persiapan hijrah ke Yatsrib
Perjalanan
hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
|
·
Mempresentasikan tentang upaya Nabi
Muhammad Saw dan para sahabat dalam persiapan hijrah ke Yatsrib
·
Mensosiodramakan perjalanan hijrah
Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
|
· Menjelaskan
pertimbangan- petimbangan Nabi Muhammad Saw memilih Yatsrib sebagai obyek
hijrah
· Menceritakan
para sahabat dalam rombongan pertama yang hijrah ke Yatsrib
· Menyebutkan para sahabat yang berperan lansung dalam
peristiwa hijrah
· Menceritakan
perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
· Menjelaskan
keadaan Nabi Muhammad Saw dan Abu Bakar bersembunyi di Goa Tsur
· Menceritakan
tokoh kafir Quraisy (Suroqoh bin Malik) masuk Islam dalam perjalanan Nabi
Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib
· Menyebutkan
kegiatan Nabi Muhammad Saw di Quba
· Menceritakan
penyambutan penduduk Yatsrib akan datangnya
Nabi Muhammad Saw
|
Tes tulis
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
SKI
3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
Naskah
sosiodrama
Naskah
sosiodrama
|
1.3 Meng-ambil hikmah
dari peristiwa hijrah Nabi Muham-mad Saw ke Yatsrib
|
Hikmah peristiwa hijrah Nabi Muham-mad
Saw ke Yatsrib
|
·
Membiasakan mengambil sikap hijrah
dalam segala hal untuk meraih yang terbaik.
|
· Memilih
sikap tentang nilai/ hikmah hijrah dalam kehidupan sehari-hari
· Menunjukkan
perilaku hijrah dari hal yang kurang baik menuju ke hal yang lebih baik
(prestasi)
|
Performance
|
2
jampel
|
SKI
3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami keperwiraan
Nabi Muhammad Saw.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1 Mendeskripsi-kan
upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah
(sosial, ekonomi, agama dan pertahanan)
|
Keadaan
masyarakat Madinah sebelum Islam
Upaya
Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah
|
·
Menggali informasi tentang keadaan
social, ekonomi, agama dan pertahanan masyarakat Madinah sebelum Islam
·
Mendiskusikan dalam kelompok tentang
Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah di bidang social, ekonomi,
agama dan pertahanan
|
·
Menjelaskan keadaan social masyarakat
Madinah sebelum Islam
·
Menyebutkan
keadaan ekonomi masyarakat Madinah sebelum Islam
·
Menjelaskan
keadaan agama masyarakat Madinah sebelum Islam
·
Menyebutkan
pertahanan masyarakat Madinah sebelum Islam
·
Mendiskusikan
upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina social masyarakat
Madinah
·
Menjelaskan
upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina perekonomian masyarakat
Madinah
·
Mendiskusikan
upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina pendidikan dan dakwah
masyarakat Madinah
·
Menjelaskan upaya
yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina pertahanan dan keamanan
masyarakat Madinah
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
Siroh
Nabawiyah (yang sesuai)
SKI
3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga
Serangkai)
Soal/ Materi Diskusi
Soal/ Materi Diskusi
|
2.2 Menela-dani keperwiraan Nabi Muham-mad Saw dalam
membina masyara-kat Madinah
|
Keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan kafir
|
·
Membaca buku
tentang upaya Nabi Muhammad Saw dalam mengatasi gangguan kafir dalam perang
Badar, Uhud dan perang Khandaq
|
·
Menceriterakan
keperwi-raan Nabi Muhammad saw menghadapi gang-guan kafir dalam perang Badar
·
Mengambil
hikmah dari peristiwa kemenangan umat Islam dalam perang Badar
·
Menceriterakan
keperwi-raan Nabi Muhammad saw menghadapi gang-guan kafir dalam perang Uhud
·
Mengambil
hikmah dari peristiwa kegagalan umat Islam dalam perang Uhud
·
Menceriterakan
keperwi-raan Nabi Muhammad saw menghadapi gang-guan kafir dalam perang
Khandaq
·
Mengambil
hikmah dari peristiwa kemenangan umat Islam dalam dalam perang Khandaq
|
Tes tulis
Performan-ce
Tes tulis
Performan-ce
Tes tulis
Performan-ce
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
SKI
3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
Ensiklopedi Islam/ Siroh Nabawiyah (yang sesuai)
SKI untuk MI kelas 5 :Depag RI
|
Mengetahui
Kepala Madrasah,
________________________
NIP.
|
………… , ………………….
Guru Pengajar,
_______________________
NIP.
|
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
V SEMESTER 2
SILABUS
Nama
Madrasah : MIN/MIS..........
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan
Islam
Kelas
/ Semester : V / II
Standar Kompetensi : 3. Mengenal peristiwa Fathul Mekah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1Mengidentifi-kasi
sebab-sebab terjadinya Fathul Mekah
|
Kerinduan Nabi Muhammad Saw terhadap
Mekah
Peristiwa
Terjadinya Baiaturridwan
|
·
Menggali
informasi tentang sebab-sebab terjadinya Fathul Mekah yang diawali kerinduan
Nabi Muhammad Saw terhadap Mekah setelah 6 tahun hijriah
·
Bermain lacak
jawab tentang terjadinya Baiaturridwan yang dilakukan kaum muslimin
|
·
Menjelaskan
kerinduan Nabi Muhammad Saw terhadap Mekah
·
Menceritakan
Nabi Muhammad Saw dan Umat Islam untuk melaksanakan Umrah ke tanah suci Mekah
·
Menjelaskan
sebab-sebab terjadinya baiatur-ridwan
·
Menceritakan
terjadinya baiaturridwan sebagai rangkaian sebab terja-dinya Fathul Mekah
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Performance
|
2
jampel
2
jampel
|
Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI
(Tiga Serangkai)
SKI untuk MI kelas 5 : Depag RI
Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
|
Peristiwa
Sulhu (perjanjian) Hudaibiyah
Kafir
Quraisy melanggar Perjanjian Hudaibiyah sebagai puncak sebab terjadinya
Fathul Mekah
|
·
Menceritakan dalam kelompok besar
tentang peristiwa terjadinya sulhu Hudaibiyah antara kaum muslimin dengan
kafir Quraisy Mekah
·
Membaca buku tentang kafir Quraisy
yang melanggar Perjanjian Hudaibiyah
|
· Menjelaskan
terjadinya sulhu Hudaibiyah sebagai rangkaian sebab terjadinya Fathul Mekah
· Menyebutkan
para sahabat/utusan yang berperan dalam perjanjian Hudaibiyah
· Membacakan
isi perjanjian Hudaiyah
· Menceritakan protes Umar bin Khottob atas perjanjian
Hidaibiyah yang merugikan kaum muslimin
· Menjelaskan kaum kafir Quraisy melakukan
tekanan-tekanan terhadap kaum muslimin Mekah
· Menceritakan kaum kafir Quraisy yang mendukung Bani
Bakar menyerang Bani Khuzaah sebagai puncak pelanggaran kafir Qurasyi
terhadap sulhu Hudaibiyah
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
2
jampel
2
jampel
|
Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI
(Tiga Serangkai)
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI
(Tiga Serangkai)
Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
|
|
Dampak positif/ hikmah Perjanjian Hudaibiyah
|
·
Menggali hikmah/dampak positif
tentang perjanjian Hudaibiyah
|
·
Menjelaskan momen sulhu Hudaibiyah
dimanfaatkan oleh Nabi Muhammad Saw untuk berdakwah di kalangan para raja
·
Menyebutkan para utusan untuk
menyampaikan surat
Nabi Muhammad Saw kepada para raja
·
Memilah para raja yang menolak dan
menerima atas ajakan Nabi Muhammad saw
|
Tes
tulis
Performance
|
2
jampel
|
SKI untuk MI kelas 5 : Depag RI
Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
|
|
3.2Menceritakan
kronologi peristiwa Fathul Mekah
|
Pengertian, tujuan Fathul Mekah dan persiapan Nabi
Muhammad Saw dalam Fathul Mekah
Peristiwa yang terjadi dalam Fathul Mekah
|
·
Membaca dengan
menggaris bawah bagian yang penting tentang pengertian, tujuan dan persiapan Nabi Muhammad Saw dalam
Fathul Mekah
·
Mensosiodrama-kan
sesuai kelompok tentang peristiwa yang terjadi pada 4 rombongan kaum muslimin
saat memasuki kota Mekah, dan
peran tokoh lainnya
|
·
Mendefinisikan pengertian Fathul
Mekah
· Menjelaskan
tujuan Fathul Mekah
· Menjelaskan
persiapan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam Fathul Mekah dengan membagi
4 rombongan
· Menyebutkan pesan-pesan Nabi Muhammad Saw atas pekimpin rombongan
· Menceritakan
tentang peristiwa yang terjadi pada pada 4 rombongan kaum muslimin saat
memasuki kota
Mekah
· Menyebutkan
tokoh kafir Quraisy (Abu Sofyan) yang masuk Islam saat terjadinya Fathul
Mekah
· Membacakan
isi pengumuman dari Nabi Muhammad Saw yang dibacakan oleh Abu Sofyan
|
Tes tulis
Tes tulis
Performan-ce
|
2
jampel
2
jampel
|
SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga
Serangkai)
SKI untuk MI kelas 5 : Depag RI
Tek naskah sosiodrama
|
3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa Fathul Mekah
|
Sifat
pemaaf dan kasih sayang Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa Fathul Mekah, serta hikmahnya bagi
masyarakat dunia
|
·
Mencari/ menentukan sifat pemaaf dan
kasih sayang Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa Fathul Mekah, serta hikmah terjadinya
Fathul Mekah bagi masyarakat dunia
|
·
Mencontoh sifat pemaaf Nabi
Muhammad Saw dalam peristiwa Fathul Mekah
·
Mencontoh sifat kasih sayang Nabi
Muhammad Saw dalam peristiwa Fathul
Makkah
·
Menunjukkan hikmah terjadinya Fathul
Mekah bagi masyarakat dunia
|
Tes
tulis
Performan-ce
|
2
jampel
|
SKI
3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
|
Standar Kompetensi : 4. Mengidentifikasi peristiwa akhir
hayat Rasulullah Saw
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||||
4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir
hayat Rasulullah Saw
|
Peristiwa
haji wada’
|
·
Mencari
informasi tentang peristiwa haji wada’
|
·
Menjelaskan
latar belakang pelaksanaan haji Wada’
·
Menyebutkan isi
khutbah wada’ terkait dengan berakhirnya tugas kenabian
·
Menjelaskan
kesempurnaan agama Islam sebagai isyarat berakhirnya tugas kenabian yang
tertuang dalam wahyu terakhir Qs. Al-Maidah 3
·
Menyebutkan kegiatan-kegiatan lain
yang dilakukan Nabi Muhammad Saw saat haji Wada
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
2
jampel
2
jampel
|
SKI
3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
Buku sirah
Nabawiyah : Haekal (yang relevan)
|
||||
Pesan-pesan dan permintaan maaf Nabi Muhammad Saw
kepada kaum muslimin menjelang akhir hayatnya
Rasulullah
Saw wafat dan reaksi kaum muslimin
|
·
Menyampaikan
kembali permintaan maaf dan pesan-pesan Nabi Muhammad Saw kepada kaum
muslimin menjelang akhir hayatnya
·
Membaca dan merangkum tentang
kondisi kesehatan Nabi Muhammad Saw hingga Rasulullah Saw wafat
|
· Menyampaikan
permintaan maaf Nabi Muhammad Saw kepada kaum muslimin menjelang akhir
hayatnya
· Menjelaskan salah satu pesan penting menjelang akhir
hayat Nabi Muhammad Saw
· Melaporkan hasil kerja siswa tentang kondisi kesehatan
Nabi Muhammad Saw hingga wafat
· Menyebutkan tanggal, bulan dan tahun Rasulullah Saw
Wafat (Masehi/Hijriah)
|
Tes tulis
Tes tulis
Performan-ce
|
2
jampel
2
jampel
|
SKI 3 untuk MI kelas 5 :Depag RI
Buku Sirah Nabawiyah :Haekal (atau yang sesuai)
|
|||||
|
· Memaparkan kisah tentang reaksi kaum muslimin atas
wafatnya Nabi Muhammad Saw
|
·
Menanggapi
reaksi kaum muslimin yang menolak atas wafatnya Nabi Muhammad Saw
·
Menceritakan
upaya Abu Bakar dalam menyadarkan para sahabat yang menolak atas wafatnya
Nabi Muhammad Saw
|
Tes
tulis
|
2
jampel
|
Buku
Sirah Nabawiyah :Haekal (atau yang sesuai)
|
|||||
4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat
Rasulul-lah Saw
|
Hikmah
dari peristiwa akhir hayat Rasulul-lah Saw
|
·
Menggali hikmah yang terkandung dalam peristiwa
akhir hayat Rasulullah Saw bahwa
|
· Menjelaskan
bahwa setiap yang bernyawa (termasuk Nabi Muhammad Saw) itu akan kembali ke
hadirat Allah (mati)
· Menentukan
penerus perjuangan rasul dalam menyampaikan kebenaran (agama) adalah para
ulama
· Menunjukkan
perilaku untuk berpegang teguh pada kitabullah dan sunnah nabi agar selamat
di dunia dan di akhirat
·
|
Tes
tulis
Performan-ce
|
2
jampel
|
Buku
sirah nabawiyah yang sesuai
|
||||
Mengetahui
Kepala,
________________________
NIP.
|
|
……….
, ………………….
Guru Pengajar,
____________________
NIP.
|
||||||||
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
VI SEMESTER 1
SILABUS
Nama
Madrasah : MIN/MIS..........
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan
Islam
Kelas /
Semester : VI / I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal
sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1 Menjelaskan arti dan
tugas khulafaurrasyidin
|
Pengertian
dan
Tugas khulafaura-syidin
|
·
Mencermati
penjelasan guru tentang pengertian dan tugas khulafaurrasyidin, dan bermain
lacak huruf
|
·
Menyebutkan
pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa
·
Mengonstruksi
pengertian khulafaurrasyidin secara istilah
·
Membedakan
tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat
·
Menjelaskan
bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw bukan tugas khulafaurrasyidin
|
Tes
Tulis
Performan-ce
|
2
jampel
|
SKI
4 untuk kelas 6 :Tim Guru MI (Tiga Searangkai)
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.2Menceritakan silsilah,
kepri-badian Abu Bakar as-Shiddiq dan
perjuangannya dalam dakwah Islam
|
Silsilah Abu Bakar
Kepribadian Abu Bakar
|
·
Membuat dan membaca bagan tentang
silsilah keluarga Abu Bakar
·
Membaca buku tentang kepribadian Abu
Bakar
|
·
Menyebutkan nama ayah dan ibu Abu
Bakar
·
Menyebutkan asal suku/ klan/ bani
Abu Bakar
·
Menentukan
pertemuan nasab Abu Bakar dengan Nabi Muhammad Saw
·
Menyebutkan karakter
sifat Abu Bakar yang menonjol
·
Menjelaskan keahlian/ pekerjaan Abu
Bakar
·
Menceritakan
sifat luhur Abu Bakar terhadap sesama
|
Tes Tulis
Produk
Tes Tulis
|
2
jampel
2
jampel
|
Bagan
silsilah Abu Bakar
SKI
untuk MI kelas 6 : Depag RI
|
Perjuangan Abu Bakar dalam dakwah Islam
|
·
Menggali
informasi tentang perjuangan Abu Bakar dalam dakwah Islam
|
·
Menceritakan kisah Abu Bakar sebagai
assabiqunal awwalun
·
Mengungkapkan penderitaan Abu Bakar
dalam berdakwah
·
Menyebutkan nama-nama tokoh yang
masuk Islam atas ajakan Abu Bakar
·
Menunjukkan sikap/ perilaku kesabaran
Abu Bakar dalam berdakwah
|
Tes
Tulis
|
2
jampel
|
SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI
Siroh
Nabawiyah (yang sesuai)
|
1.3Menunjukkan
contoh-contoh nilai positif dari kholifah Abu Bakar as-Shiddiq
|
Kepedulian
Abu Bakar dalam pembebasan budak
Keyakinan
Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
Khalifah Abu Bakar menyadarkan Nabi Palsu
Khalifah Abu Bakar menyadarkan kaum murtad
Khalifah Abu Bakar menyadarkan kaum ingkar zakat
Khalifah Abu Bakar membukukan al-Qur’an
Khalifah Abu Bakar merintis dakwah Islam di Persia dan
Syiria
|
·
Mensosiodramakan
tentang kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak
· Bermain bisik pengetahuan tentang keyakinan Abu Bakar
dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
·
Memperagakan tentang
kebijakan khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan nabi palsu
·
Mensosiodramakan
tentang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum murtad
·
Mensosiodramakan
tengang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum ingkar zakat
·
Membuat dan
membaca peta pikiran tentang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam membukukan
al-Qur’an
·
Menggali
informasi tentang kebijakan khalifah Abu Bakar dalam merintis dakwah Islam di
Persia dan Syiria
|
·
Menjelaskan
kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak
·
Menyebutkan
nama-nama budak yang dibebaskan oleh Abu Bakar
·
Menjelaskan
keyakinan Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
·
Menjelaskan
alasan Abu Bakar mendapat sebutan As-shiddiq
·
Menjelaskan langkah-langkah
khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan nabi palsu
·
Menyebutkan
nama-nama tokoh nabi palsu
·
Menjelaskan
langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum murtad
·
Menyebutkan
para sahabat yang ditugaskan khalifah Abu Bakar untuk menyadarkan kaum murtad
·
Menjelaskan alasan-alasan kaum
ingkar zakat tidak mau menunaikan kewajiban berzakat
·
Menjelaskan langkah-langkah khalifah
Abu Bakar dalam menyadarkan kaum ingkar zakat
·
Menjelaskan latar belakang khalifah
Abu Bakar melakukan pembukuan al-Qur’an
·
Melaporkan hasil pembukuan al-Qur’an
yang dilakukan oleh khalifah Abu Bakar
·
Menjelaskan latarbelakang perintisan
dakwah Islam di Persia dan Syiria
·
Menceritakan
pelaksanaan dakwah Islam ke Persia
·
Menceritakan
pelaksanaan dakwah Islam ke Syiria
|
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance
Tes
tulis
Performance
|
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2
jampel
|
Sirah
Khulafaurrasyidin : A. Kholid
Teks
Naskah Drama
Teks
Bisik Pengetahuan
Teks
Naskah Peragaan
Teks
Naskah Drama
Teks
Naskah Drama
Model
Peta Pikiran
Sirah
Khulafaurrasyi-din/ Ensiklpedi Islam (yang sesuai)
|
1.4 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekholifahan Abu Bakar As- Siddiq
|
Nilai-nilai
keteguhan memegang amanah dan selalu berusyawarah
|
· Membiasakan
nilai-nilai positif dari kekholifahan Abu Bakar As- Siddiq yang dapat
diteladani dalam kehidupan seharai-hari
|
· Menunjukkan sikap/ perilaku keteguhan memegang amanah
dalam segala hal
· Membiasakan meneladani Abu Bakar yang selalu
bermusyawarah dalam setiap mengambil keputusan penting
|
Performan-ce
|
2
jampel
|
Sirah
Khulafaurrasyidin/ Ensiklpedi Islam
(yang sesuai)
|
Standar Kompetensi : 2. Mengenal sejarah
khalifah Umar bin Khottob
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1 Mence-ritakan silsilah, kepriba-dian Umar
bin Khottob dan perjuangannya dalam dakwah Islam
|
Silsilah
Umar bin Khottob
Kepribadian
Umar bin Khottob
Perjuangan
Umar bin Khottob dalam dakwah Islam
|
·
Membuat dan membaca bagan tentang
silsilah keluarga Umar bin Khottob
·
Membaca kisah tentang riwayat
kepribadian Umar bin Khottob
·
Menggali informasi tentang
perjuangan Umar bin Khottob dalam dakwah Islam
|
·
Menyebutkan nama ayah dan ibu Umar
bin Khottob
·
Menyebutkan
asal suku/ klan/ bani Umar bin Khottob
·
Menentukan
pertemuan nasab Umar bin Khottob dengan Nabi Muhammad Saw
·
Menyebutkan
karakter sifat Umar bin Khottob
·
Menyebutkan
kelebihan-kelebihan yang dimiliki Umar bin Khottob
·
Menjelaskan
kedudukan Umar bin Khottob dalam masyarakat kafir Quraisy
·
Menceritakan
kisah masuk Islamnya Umar bin Khottob
·
Menceritakan
perjuangan Umar bin Khattab setelah masuk Islam, yaitu menjadi pembela nabi/
pembela kaum yang tertindas
·
Menunjukkan
sikap/ perilaku membela aqidah Islam dengan berani dan tegas
|
Tes Tulis
Produk
Tes Tulis
|
2
jampel
2
jampel
|
Bagan
silsilah Umar bin Khottob
SKI
untuk MI kelas 6 : Depag RI
|
2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kholifah Umar bin Khottob
|
Umar bin Khattab membentuk lembaga-lembaga negara
Umar bin Khattab menetapkan kalender hijriah
Umar bin Khattab peduli terhadap rakyat kecil
Keberanian Umar bin Khattab dalam memberantas kebatilan
Umar bin Khattab melanjutkan dakwah Islam ke Persia
hingga Mesir
|
·
Mensosiodramakan
tentang kebijakan Umar bin Khattab dalam membentuk lembaga-lembaga Negara
·
Melacak informasi tentang kebijakan
Umar bin Khattab dalam menetapkan kalender hijriah
·
Bermain kartu sikap/perilaku tentang
kepedulian Umar bin Khattab terhadap rakyat kecil
·
Mensosiodramakan kebijakan tentang
keberanian Umar bin Khattab dalam
memberantas kebatilan
·
Mensosiodramakan tentang kebijakan
Umar bin Khattab dalam melanjutkan dakwah Islam ke Persia hingga Mesir
|
·
Menjelaskan
latar belakang dibentuknya lembaga negara
·
Menyebutkan
lembaga-lembaga Negara yang dibentuk khalifah Umar bin Khattab
·
Menyebutkan
fungsi-fungsi lembaga Negara yang dibentuk kholifah Umar bin Khottob
·
Menjelaskan
latar belakang ditetapkan kalender Islam
·
Menjelaskan alasan-alasan
hijrah nabi ke Yatsrib dijadikan sebagai dasar penghitungan kalender Islam
·
Menyebutkan
sahabat yang mengusulkan hijrah nabi ke Yatsrib ditetapkan sebagai awal
penghitungan kalender Islam
·
Menceritakan kepedulian
khalifah Umar bin Khottob kepada rakyatnya
·
Menjelaskan
sikap khalifah Umar bin Khottob membela kaum lemah
·
Menunjukkan
sikap/ perilaku peduli terhadap sesama, terutama pada kaum lemah
·
Memberi contoh ketegasan Umar dalam
berdakwah
·
Memberi contoh keberanian khalifah
Umar dalam memberantas kebatilan terhadap siapapun
·
Menunjukkan sikap/ perilaku
keberanian menyampaikan hal yang benar sekalipun terasa pahit/ menyedihkan
·
Menyebutkan nama-nama sahabat yang
yang ditugaskan berdakwah di Persia
·
Menceritakan peristiwa terjadinya
Fathul Futuh (kemenangan terbesar) dalam berdakwah di Persia
|
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performan-ce
Tes tulis
Performan-ce
Tes tulis
Performan-ce
Tes tulis
Performan-ce
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
Sirah
Khulafaurrasyidin : A. Kholid
Teks
Naskah Drama
Sirah
Khulafaurrasyi-din/ Ensiklopedi Islan (yang sesuai)
Teks
Naskah Drama
Teks
Naskah Drama
Teks
Naskah Drama
|
2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekholifah-an Umar bin Khottob
|
Sifat
keberanian dan kewara’an khalifah Umar bin Khottob
|
·
Membaca kisah dan membiasaakan
bersikap berani dan wara’ khalifah Umar bin Khottob
|
· Meneladani
sifat keberanian khalifah Umar bin Khottob dalam memberantas kebatilan
· Menunjukkan
sikap/ perilaku sederhana (wara’) dalam kehidupan
sehari-hari
|
Performan-ce
|
2
jampel
|
Sirah
Khulafaurrasyi-din (yang sesuai)
|
Standar Kompetensi : 3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman
bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam
|
Silsilah
Utsman bin Affan
Kepribadian
Utsman bin Affan
Perjuangan
Utsman bin Affan dalam dakwah Islam
|
·
Membuat dan membaca bagan tentang
silsilah keluarga Utsman bin Affan
·
Menyebutkan
sifat-sifat terpuji Utsman bin Affan
·
Menggali
informasi tentang perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam
|
·
Menyebutkan
nama ayah dan ibu Utsman bin Affan
·
Menyebutkan
asal suku/ klan/ bani Utsman bin Affan
·
Menentukan
pertemuan nasab Utsman bin Affan dengan Nabi Muhammad Saw
·
Menyebutkan
karakter sifat Utsman bin Affan
·
Menyebutkan
kelebihan-kelebihan yang dimiliki Utsman bin Affan
·
Menjelaskan
kedudukan Utsman bin Affan dalam masyarakat kafir Quraisy
·
Menceritakan
Utsman bin Affan menerima Islam
·
Menceritakan
penderitaan Utsman disiksa pamannya (Hakam bin Ash) mempertahankan aqidah
Islam
·
Menceritakan
pengorbanan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam
|
Tes tulis
Produk
Tes Tulis
Tes Tulis
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
Bagan
silsilah Utsman bin Affan
SKI
untuk MI kelas 6 : Depag RI
SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI
|
3.2 Menun-jukkan
contoh-contoh nilai-nilai positif dari kholifah Utsman bin Affan
|
Kedermawanan Utsman bin Affan dalam mendukung dakwah
Islam
Kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam pembentukan
armada laut Islam
Kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam melanjutkan
dakwah Islam di Eropa (Pulau Cyprus)
Kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam membangun
gedung peradilan
Kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam penyempurnaan/
penggandaan mushaf al-Qur’an
|
·
Mensosiodramakan
kedermawanan Utsman bin Affan dalam mendukung dakwah Islam
·
Menggali
informasi tentang kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam pembentukan
armada laut Islam
·
Bermain lacak
jawab tentang kebijakan khalifah
Utsman bin Affan dalam melanjutkan dakwah Islam di Eropa (Pulau Cyprus)
·
Mensosiodramakan
kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam membangun gedung peradilan
·
Mensosiodramakan
kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf
al-Qur’an
|
·
Menceritakan kedermawanan Utsman bin
Affan dalam mendukung dakwah Islam
·
Menyebutkan contoh-contoh
kedermawanan
·
Menjelaskan latar
belakang dibentuknya armada laut Islam
·
Menyebutkan
sahabat yang mengusulkan pembentukan armada laut Islam
·
Menjelaskan latar
belakang dakwah Islam di Eropa (Pulau Cyprus)
·
Menceritakan
pelaksanaan dakwah di Eropa (Pulau Cyprus)
·
Menjelaskan
kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam membangun gedung peradilan
·
Menyebutkan
nama-nama sahabat yang bertindak sebagai mufti (hakim)
·
Menjelaskan latar
belakang dilakukan penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an
·
Menyebutkan
para sahabat yang berperan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an
·
Melaporkan
hasil kerja panitia penyempurnaan dan penggandaan mushaf al-Qur’an dan
pendistribusiannya ke kota-kota besar
|
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performan-ce
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance
Tes
tulis
Performance
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
Teks
Naskah Drama
Sirah
khulafaurrasyi-din (yang sesuai)
Kartu
lacak jawab
Teks
Naskah Drama
Teks
Naskah Drama
|
3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekholifah-an Utsman bin Affan
|
Sifat
kedermawanan khalifah Utsman bin Affan
|
·
Membiasakan meneladani sifat
kedermawanan khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Meneladani sifat kedermawanan
khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan sikap/ berlaku derma dalam
berbagai bentuk/ keadaan
|
Performan-ce
|
2
jampel
|
Sirah
Khulafaurrasyidin : A. Kholid
|
Mengetahui
Kepala Madrasah,
________________________
NIP.
|
|
……….. , ………………….
Guru Pengajar,
_______________________
NIP.
|
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
( SKI )
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
VI SEMESTER 2
SILABUS
Nama Sekolah : MIN/MIS.......
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester :
VI / II
Standar Kompetensi
: 4.
Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Tholib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan
perjuangan kholifah Ali bin Abi Tholib
|
Silsilah
Ali bin Abi Tholib
Kepribadian
Ali bin Abi Tholib
Perjuangan
Ali bin Abi Tholib dalam dakwah Islam
|
·
Membuat/membaca bagan tentang
silsilah keluarga Ali bin Abi Tholib
·
Membaca kisah tentang riwayat
kepribadian Ali bin Abi Tholib
·
Menggali informasi tentang
perjuangan Ali bin Abi Tholib dalam dakwah Islam
|
·
Menyebutkan asal suku/ klan/ bani
Ali bin Abu Tholib
·
Menyebutkan nama ayah dan ibu Ali
bin Abu Tholib
·
Menentukan
pertemuan nasab Ali
bin Abu Tholib dengan Nabi Muhammad
·
Menyebutkan karakter sifat Ali bin
Abu Tholib
·
Menjelaskan beberapa keahlian/
kelebihan-kelebihan Ali bin Abu Tholib yang menonjol
·
Menceritakan Ali bin Abu Tholib
menerima Islam
·
Menceritakan kegigihan Ali bin Abu
Tholib dalam berdakwah sejak kecil
·
Menceriterakan keikutsertaan Ali bin
Abu Tholib dalam menghadapai kaum kafir
|
Tes tulis
produk
Tes Tulis
Tes Tulis
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
Bagan silsilah Umar bin Khottob
SKI untuk MI kelas 6 : Depag RI
SKI untuk MI
kelas 6 : Depag RI
Ensiklopedi Islam
|
4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kekholifah-an Ali bin Abi Tholib
|
Kejeniusan Ali bin Abu Tholib
sebagai ‘Pintu gerbang ilmu pengetahuan’
Kebijakan khalifah Ali bin Abu
Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam
Kebijakan
khalifah Ali bin Abu Tholib dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang
bahasa Arab
|
·
Membawakan cerita tentang kejeniusan
Ali bin Abu Tholib sebagai ‘Pintu gerbang ilmu pengetahuan’
·
Membawakan cerita tentang kebijakan
khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam
·
Menggali informasi tentang kebijakan
khalifah Ali bin Abu Tholib dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang
bahasa Arab
|
·
Menceritakan ketekunan Ali bin Abu
Tholib dalam menuntut ilmu pengetahuan
·
Menjelaskan kejeniusan Ali bin Abu
Tholib sebagi gerbang ilmu pengetahuan
·
Menjelaskan latar belakang khalifah
Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam
·
Menunjukkan contoh-contoh langkah
kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat
Islam
·
Menjelaskan kebijakan khalifah Ali
bin Abu Tholib dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab
·
Menyebutkan
para sahabat yang menekuni di bidang ilmu bahasa Arab
|
Tes tulis
Performan-ce
Tes tulis
Performance
Tes
tulis
Performance
|
2
jampel
2
jampel
2
jampel
|
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid
Teks Naskah Cerita
Teks Naskah Cerita
Ensiklopedi Islam/Sirah
Khulafaurrasyi-din (yang sesuai)
|
4.3
Meneladani nilai-nilai positif dari
kekholifah-an Ali bin Abi Tholib
|
Sifat
ketekunan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam
menuntut ilmu
|
·
Membiasakan meneladani sifat
ketekunan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam
menuntut ilmu
|
·
Memilih sikap ketekunan menuntut
ilmu dalam kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan
sikap/ perilaku tekun dalam menuntut ilmu
|
Performan-ce
Tes
tulis
|
2
jampel
|
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid
|
Standar Kompetensi : 5. Mengenal
sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam
di daerah masing-masing
|
Perjuangan
tokoh agama agama Islam di tanah jawa/ Jawa Timur
|
·
Mencari tokoh-tokoh
agama setempat (di Tanah Jawa dan Jawa Timur)
|
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh pembawa agama Islam di Tanah Jawa
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh pembawa agama Islam Jawa Timur
|
Tes
tulis
|
2 jampel
|
Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)
|
5.2 Menceritakan sejarah perjuangan tokoh
agama Islam di daerah masing-masing
|
Perjuangan
tokoh pembawa agama Islam di Jawa Timur
|
·
Mennggali informasi tentang
perjuangan tokoh agama Islam di tanah jawa
|
·
Menceriterakan perjuangan tokoh
agama Sunan Ampel pembawa agama Islam di Jawa Timur
·
Menyebutkan cara-cara efektif
berdakwah (menyampaikan kebenaran) yang dilakukan Sunan Ampel
·
Menceriterakan perjuangan tokoh
agama Sunan Giri pembawa agama Islam di Jawa Timur
·
Menyebutkan cara-cara efektif
berdakwah (menyampaikan kebenaran) yang dilakukan Sunan Giri
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
2
jampel
2
jampel
|
Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)
Buku
Sejarah Walisongo (yang sesuai)
|
5.3 Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di
daerah masing-masing
|
Profil
perjuangan tokoh pembawa agama Islam di Jawa Timur
|
·
Membaca dan
membiasakan cara menyampaikan kebenaran dan berprilaku luhur Sunan Ampel dan
Sunan Giri
|
·
Meniru cara
berdakwah (menyampaikan kebenaran) yang dilakukan Sunan Ampel
·
Meneladani
sifat-sifat luhur yang menonjol dari Sunan Ampel
·
Meniru cara
berdakwah (menyampaikan kebenaran) yang dilakukan Sunan Giri
·
Meneladani
sifat-sifat luhur yang menonjol dari Sunan Giri
|
Performan-ce
Tes tulis
Performan-ce
Tes
tulis
|
2
jampel
2
jampel
|
Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)
Buku Sejarah Walisongo (yang sesuai)
|
Mengetahui
Kepala Madrasah,
________________________
NIP.
|
|
……….. , ………………….
Guru Pengajar,
_______________________
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar