PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
I SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah :
MI
Mata Pelajaran :
FIKIH
Kelas / Semester :
I / I
STANDAR KOMPETENSI :
1. Mengenal lima rukun Islam
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1 Menyebutkan
lima rukun Islam
|
Rukun Islam
|
· Melafalkan
lima rukun
Islam
· Bernyanyi lagu rukun Islam, dapat diubah dari lagu anak-anak balonku ada
5 dengan menyebutkan ke lima rukun Islam.
· Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1 ) syahadatain,
(2) sholat, (3) zakat, (4) puasa dan
(5) haji
|
·
Menyebutkan isi rukun Islam
·
Menghafal isi dari rukun Islam
secara urut
·
Menentukan urutan
rukun Islam
·
Menjelaskan manfaat mempelajari
lima rukun Islam
|
Tes Tulis
|
4x 35 menit
|
Buku paket
Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.2. Menghafal
syahadatain dan artinya
|
Syahadatain dan artinya
|
· Melafalkan syahadatain dan artinya
· Mencermati penjelasan guru tentang
cara melafalkan syahadatain
· Bernyanyi (bercerita atau bermain) yang isinya mencerminkan bahwa Allah itu hanya satu
|
§ Melafalkan
syahadatain
§ Melafalkan
syahadatain beserta artinya
§ Menjelaskan
manfaat mengucapkan syahadatain
§ Menghafalkan
syahadatain dan artinya
|
Tes lisan
|
4 x 35 menit
|
Buku paket
Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
STANDAR
KOMPETENSI : 2. Mengenal tata cara
bersuci dari najis
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
2.1.
Menjelaskan pengertian bersuci dari najis
|
- Arti bersuci
- Membedakan
suci dan najis
|
· Mendengarkan penjelasan guru tentang arti bersuci
· Tanya jawab tentang manfa’at bersuci
|
·
Menjelaskan arti bersuci
·
Menyebutkan dasar hukum bersuci
dari najis
·
Menyebutkan macam macam najis
·
menjelaskan manfaat-manfaat
bersuci
|
Tes Tulis
|
6 x 35 menit
6 x35 menit
|
Buku paket
Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
Buku paket
Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
|
2.2. Menjelaskan tata cara bersuci dari
najis
|
Cara bersuci
dan menghindari najis
Memelihara kebersihan badan dan
lingkungan
Perbedaan antara suci dan najis
|
· Mendengarkan tentang cara bersuci dan menghindari najis
· Mengamati gambar dan mengetahui cara memelihara kebersihan badan dan
lingkungan sekitar
|
§
Menjelaskan cara bersuci
§
Membedakan antara suci dan najis
§
Menjelaskan cara menghindari najis
§
Menjelaskan cara membersihkan
najis
§
Menyebutkan cara memelihara
kebersihan badan dan lingkungan
|
Tes tulis (porto folio)
|
|||
2.3. Menirukan
tata cara mensucikan najis
|
Bersuci ketika buang air.
Melafalkan do’ a ketika akan buang air.
Cara beristinjak
|
· Mengamati tayangan dari VCD
tentang tatacara buang air dan cara beristinja’.
· Melafalkan do’ a sebelum dan sesudah buang air.
· Menemukan manfaat-manfaat istinja’
|
·
Menyebutkan
tata cara buang air kecil dan air besar
·
Menyebutkan cara beristinja’
setelah buang air kecil dan besar.
·
Melafalkan do’a
se-belum dan sesudah buang air
·
mengartikan do’a se-belum dan
sesudah buang air
·
menyebutkan manfa-at-manfaat
beristinja’
|
Unjuk kerja
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
|
2.4. Membiasakan hidup
bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
Terbiasa
hidup sehat
Praktek hidup bersih
|
· Menerapkan kebiasaan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.
· Memperagakan cara hidup bersih.
|
·
Menyebutkan penger-tian hidup
bersih
·
Memperagakan hi-dup bersih dalam
ke-hidupan sehari-hari, misalnya: potong ku-ku, membersihkan jendela dll
·
menjelaskan manfaat-manfaat hidup
bersih
·
Menunjukkan sikap hidup bersih
|
Tes praktek
|
6 x 35 menit
|
Buku paket
Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
|
Tulakan,
09 juli 2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
I SEMESTER 2
SILABUS
Nama Madrasah :
MI
Mata Pelajaran :
FIKIH
Kelas / Semester :
I / II
STANDAR KOMPETENSI :
3 Mengenal tata cara wudhu
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1.
Menjelaskan tata cara wudhu
|
Tata cara dan rukun wudhu serta hal-hal
yang membatalkan wudhu
|
· Mendiskusikan tentang urutan tata cara berwudhu
· Mengamati gambar tentang rukun dalam
wudhu
· Mengetahui hal hal yang dapat
membatalkan wudhu
|
·
Menyebutkan pengertian berwudlu
·
Menjelaskan hukum berwudhu
·
Menyebutkan rukun wudhu
·
Menyebutkan tata cara wudhu
·
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan
wudhu
|
Tes tulis
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
3.2. Mempraktik-kan tata cara wudhu
|
Praktek berwudhu
Hafalan niat sebelum berwudhu
|
· Mempraktikkan berwudhu sesuai urutannya.
|
·
Melafalkan niat wudhu
·
Mendemontrasikan cara berwudhu
|
Unjuk kerja
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
3.3 Menghafal doa sesudah
wudlu
|
Do’a sesudah wudhu
|
· Dibimbing guru, dapat melafalkan do’ a sesudah berwudhu
|
·
Menghafalkan do’a setelah wudlu
|
Unjuk kerja
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
Standar Kompetensi : 4. Mengenal
tata cara shalat fardhu
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit
|
Sumber
Belajar)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1. Menyebutkan
macam-macam shalat fardhu
|
Urutan shalat fardhu
Jumlah shalat fardhu
Waktu shalat fardhu
|
· Bernyanyi bersama tentang urutan shalat fardhu
· Menghafalkan jumlah rakaat masing-masing shalat fardhu
· Menunjukkan waktu pelaksanaan shalat fardhu
|
·
Menjelaskan pengertian shalat
fardhu
·
Menyebut nama nama shalat fardhu
·
Menyebutkan bilangan shalat fardhu
·
Melafalkan bacaan niat shalat
fardhu
·
Menyebutkan waktu pelaksanaan
shalat fardhu
·
Menjelaskan keutamaan shalat
fardhu
|
Tes tulis
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.2. Menirukan
gerakan shalat fardhu
|
Gerakan shalat fardhu
|
· Mengerjakan LKS dengan menempel urutan shalat fardhu
· Mempraktekkan gerakan shalat fardhu
|
·
Menjelaskan posisi-posisi yang dilakukan (yang ada)
dalam shalat
·
Menyebutkan macam-macam gerakan
shalat fardhu
·
Mempraktekkan shalat fardhu
|
Unjuk kerja
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
4.3. Menghafal bacaan
shalat fardhu
|
Bacaan dalam shalat fardhu
|
· Mendemontrasikan bacaan shalat fardhu
|
·
Melafalkan takbirotul ihrom dengan
baik
·
Menghafalkan al fatihah
·
Menghafalkan bacaan tasyahhud
·
Menghafalkan bacaan shalawat
·
Melafalkan salam dengan benar
·
Mendemontrasikan shalat fardhu,
meliputi gerakan dan bacaan shalat
fardhu
|
Unjuk kerja
|
8 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
II SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah : MI
Mata Pelajaran : FIKIH
Kelas / Semester : II / I
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Mempraktekkan shalat
fardhu
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1. Menyebutkan ketentuan tatacara
shalat fardhu
|
Pengertian shalat Fardhu
Syarat sah shalat fardhu
Rukun shalat fardhu
Melafalkan niat shalat fardhu
Menghafal bacaan shalat fardhu
|
· Mengidentifikasikan pengertian shalat fardhu.
· Mendiskusikan tentang syarat syah shalat fardhu
· Mendengarkan tentang rukun shalat
fardhu
· Melafalkan niat shalat fardhu bersama sama
· Menyimak uraian tentang bacaan shalat fardhu.
|
·
Menjelaskan pengertian shalat
fardhu
·
Menyebutkan syarat sah shalat
fardhu
·
Menyebutkan rukun shalat fardhu
·
Melafalkan niat shalat fardhu
·
Melafalkan bacaan shalat fardhu
|
Tes tulis
(ulangan harian)
|
14 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
|
· Melakukan diskusi kelompok tentang: bacaan shalat fardhu, urutan dan
gerakan shalat fardhu dan hal-hal yang membatalkan shalat fardhu.
|
·
Menjelaskan bacaan-bacaan wajib
dan sunnah dalam shalat fardhu
·
Menjelaskan gerakan-gerakan shalat
yang wajib dan yang sunnah
·
Menyebutkan hal-hal yang
membatalkan shalat fardhu
|
|
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
1.2. Mempraktik-kan keserasian gerakan dan bacaan shalat fardhu
|
Tata cara shalat Fardhu
Memperagakan gerakan shalat
|
· Menyaksikan pemutaran VCD
tentang shalat fardhu.
· Menempelkan urutan gambar gerakan shalat.
· Memperagakan gerakan shalat secara berkelompok
|
·
Memperagakan shalat sesuai dengan garakannya dengan
tepat dan benar
·
Mendemontrasikan bacaan shalat
fardhu
|
Unjuk kerja
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
STANDAR KOMPETENSI :
2. Mengenal adzan dan iqomah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber Belajar
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
2.1 Menyebutkan
ketentuan adzan dan iqomah
|
Bacaan Adzan dan Iqamah
Arti bacaan adzan dan iqomah
|
· Membaca buku tentang ketentuan adzan dan iqamah
· Menjelaskan ketentuan dikumandangkannya adzan.
· Menyimak penjelasan guru tentang arti bacaan adzan dan iqomah
|
·
Menyebutkan pengertian adzan dan iqamah
·
Menyebutkan ketentuan adzan dan iqamah
|
Tes tulis
|
4 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
|
2.2 Melafalkan
adzan dan iqomah
|
Melafalkan adzan dan iqomah
Melafalkan
do’a setelah adzan
|
· Bersama-sama melafalkan adzan dan iqomah
· Bersama-sama melafalkan do ‘a bacaan sesudah adzan
· Mendiskusikan manfaat adzan
|
· Melafalkan
bacaan adzan dan iqomah
· Mengartikan bacaan adzan dan iqomah
· Menjawab
adzan (tiap kalimat yang dibaca oleh muadzin)
· Menjawab
iqamah
· Melafalkan do a’ sesudah adzan
·
Menjelaskan manfaat-manfaat adzan
|
Tes lisan
|
4 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
|
2.3. Mempraktek-kan adzan dan iqomah
|
Mempraktekkan bacan adzan dan iqomah
|
· Mendemontrasikan bacaan adzan dan
iqomah dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari
· Menyaksikan tayangan tentang pelaksanaan adzan dan iqomah.
|
·
Mempraktekkan adzan dan iqomah
·
menjawab bacaan-bacaan adzan
|
Unjuk kerja
|
4 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
|
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
II SEMESTER 2
SILABUS
Nama Madrasah : MI
Mata Pelajaran : FIKIH
Kelas / Semester : II / II
STANDAR
KOMPETENSI : 3. Mengenal Tata cara shalat berjama’ah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber Belajar
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.1.Menjelaskan
ketentuan tatacara shalat berjama’ah
|
Shalat berjama’ah
Syarat-syarat menjadi imam
|
· Mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian shalat jama’ ah.
· mengetahui syarat-syarat menjadi imam dan makmum
|
·
Menjelaskan
pengertian shalat berjama’ ah.
·
Menjelaskan
syarat syarat shalat berjama’ah
·
Menyebutkan syarat-syarat menjadi
imam
|
Tes Tulis
|
8 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
|
3.2.Menirukan
shalat berjamaah
|
Cara memberitahu imam yang salah
Keutamaan shalat jama’ ah
|
· .Mempraktekkan shalat berjamaah
· Mengingatkan imam andai imam salah
dalam melaksanakan shalat
· Menyebutkan keutamaan shalat berjama’ah
|
·
Menjelaskan tatacara shalat
berjamaah
·
Mendemontrasikan shalat berjamaah
·
Menjelaskan pengertian ma’mum
masbuq
·
Mempraktekkan cara shalat ma’mum yang
masbuq
·
Menyebutkan cara mengingatkan imam yang salah.
·
Menjelaskan keutamaan keutamaan
shalat berjama’ah
|
Unjuk kerja
|
8 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
|
STANDAR
KOMPETENSI : 4. Melakukan dzikir dan do’ a
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1.Melafalkan
dzikir setelah shalat fardhu
|
Bacaan
dzikir
|
· Bersama-sama membaca dzikir dan do‘a
|
§
Melafalkan bacaan dzikir
§
Menyebutkan bacaan dzikir ba’da shalat
·
Mempraktekkan bacaan dzikir
|
Unjuk kerja
|
8 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
4.2.Melafalkan do ‘a setelah shalat fardhu
|
Bacaan
do’a
|
· Mengajak bersama-sama membaca dzikir dan do‘a dengan suara keras
|
§ Melafalkan bacaan-acaan doa
§ Memperagakan do ‘a setelah
shalat fardhu
§ Menyebutkan manfaat-manfaat do’a ba’da shalat fardhu
|
Unjuk
kerja
|
8 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
III SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah : MI
Mata Pelajaran : FIKIH
Kelas /
Semester : III / I
Standar
Kompetensi : 1. Mengenal shalat
sunnah rawatib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunah rawatib
|
·
Pengertian shalat sunah rawatib
·
Waktu pelaksanaan shalat sunah
rawatib
·
Jumlah rakaat shalat sunah rawatib
· Keutamaan dari shalat sunah rawatib
|
· Membaca buku dan artikel dan mencari arti pengertian shalat rawatib.
· Menunjukkan kapan waktu yang tepat melaksanakan shalat sunah rawatib.
· Dapat menunjukkan jumlah rakaat shalat sunah rawatib.
· Mencermati pelaksanaan shalat
sunah rawatib qobliyah dan ba’diyah
.
|
§ Menjelaskan pengertian shalat sunnah
rawatib
§ Menyebutkan waktu pelaksanaan shalat sunah rawatib (qabliyah dan
ba’diyah) .
§ Menyebutkan bilangan rakaat shalat-shalat sunah rawatib.
§ Menjelaskan keutamaan-keutamaan
dan pahala shalat sunah rawatib.
|
Tes tulis
|
10 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
1.2 Mempraktek-kan tata cara shalat sunah
rawatib
|
Praktek shalat sunah rawatib
|
· Mengetahui tata cara shalat sunah
rawatib
· Mendemontrasikan shalat sunah rawatib.
|
·
Mempraktekkan niat shalat rawatib
·
Mempraktekkan shalat sunah
rawatib.
|
Unjuk kerja
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
Standar Kompetensi : 2.
Mengenal shalat jum ‘at
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1
Mengenal ketentuan shalat jum’ at
|
Hukum shalat jum’ at
Waktu pelaksanaan shalat jum’ at
|
· Mendiskusikan tentang syarat wajib dan syarat syah shalat jum’ at.
· Melihat VCD atau
gambar tentang pelaksanaan shalat jum’ at
· Mengetahui waktu pelaksanaan shalat jum’ at
|
·
Menjelaskan hukum sha-lat jum’ at
·
Menyebutkan syarat wajib dan
syarat sah shalat jum’ at.
·
Menunjukkan waktu shalat jum’ at
·
Menyebutkan hal-hal yang
disunnahkan sebelum shalat jum’ at..
·
Menjelaskan tatacara pelaksanaan
shalat Jumat
|
Tes tulis
|
10 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
2.2.
Membiasakan mengi-kuti shalat Jum’at
|
Praktek shalat Jum’at
|
· Mengetahui tata cara shalat Jum’at
· Mendemontrasikan shalat Jum’at.
|
· Mempraktekkan niat
shalat Jum’at
·
Mempraktekkan shalat
Jum’at
|
Unjuk kerja
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
|
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
III SEMESTER 2
SILABUS
Nama Madrasah : MI
Mata Pelajaran : FIKIH
Kelas / Semester : III / II
Standar Kompetensi : 3. Mengenal
tata cara shalat bagi orang yang sakit.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1 Menjelaskan
tata cara shalat bagi orang yang sakit
|
Pengertian Shalat ketika sakit
|
· Mendengarkan penjelasan tata cara shalat
bagi orang yang sakit.
|
·
Menjelaskan
pengertian shalat bagi orang yang sakit
·
Menjelaskan
posisi-posisi dan gerakan-gerakan
shalat yang dilakukan oleh orang yang
sakit
·
Menjelaskan
jenis-jenis sakit apa saja yang membolehkan seseorang untuk shalat dengan
cara duduk, berbaring dan lain-lain.
|
Tes tulis
|
4 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
3.2 Mendemon-strasikan cara shalat bagi orang
yang sakit
|
Cara
shalat ketika sakit
|
· Mempraktekkan shalat ketika sakit.
|
·
Mempraktekkan cara shalat ketika sakit dengan duduk
·
Mempraktekkan cara shalat ketika
sakit dengan berbaring.
|
Tes praktek
|
4 x 35 menit
|
Standar
Kompetensi : 4. Mengenal Puasa
Ramadhan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1. Menjelaskan ketentuan puasa ramadhan
|
Puasa
ramadhan
Waktu
puasa ramadhan
Ketentuan
puasa ramadhan
|
· Menemukan arti dari puasa
· Berdiskusi tentang waktu pelaksanaan puasa ramadhan.
· Mengetahui ketentuan puasa ramadhan terdiri dari syarat wajib puasa, dan
sunah puasa.
· mempraktekkan puasa ramadhan
|
·
Menjelaskan pengertian puasa ramadhan
·
Menyebutkan waktu pelaksanaan
puasa ramadhan
·
Menyebutkan syarat syah dan rukun puasa
ramadhan
·
Menjelaskan orang-orang yang
diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan
·
Menjelaskan tentang orang-orang yang
diperbolehkan untuk tidak berpuasa
Ramadhan
|
Tes tulis
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
4.2. Menyebut-kan hikmah puasa ramadhan
|
Puasa ramadhan
|
· Menunjukkan hikmah puasa ramadhan
|
·
Menyebutkan cerita/kisah yang
terkait dengan hikmah puasa ramadhan
·
Menyebutkan berbagai hikmah berpuasa ramadhan
|
Tes tulis
(porto folio)
|
2 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
Standar Kompetensi : 5. Mengenal
amalan-amalan dibulan ramadhan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.1. Menjelaskan ketentuan shalat teraweh
|
Niat
shalat teraweh
Menghafal
niat shalat tarawih dan dzikir setelah tarawih
Pelaksanaan shalat teraweh
Rakaat shalat teraweh
Keutamaan shalat terawih
Praktek shalat
|
· Membaca artikel atau buku Fikih dan mencari arti dari niat shalat terawih
· Menirukan guru dalam melafalkan niat shalat tarawih
· Menunjukkan waktu pelaksam\naan shalat teraweh
· Menyebutkan jumlah bilangan rakaat shalat tarawih.
· Mencari pengertian tentang keutamaan shalat terawih
· Mendemontrasikan shalat tarawih.
|
·
Menyebutkan arti shalat tarawih
·
Melafalkan niat shalat
taraweh
·
Menyebutkan macam-macam bilangan
shalat tarawih
·
Menyebutkan hukum melaksanakan
sholat tarawih
·
Melafalkan dzikir yang dibaca
setelah shalat tarawih
·
Menunjukkan waktu pelaksanaan
shalat tarawih
·
Menyebutkan keutamaan shalat
tarawih.
·
Mendemonstrasikan shalat tarawih
|
Tes
tulis
|
8 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.2. Menjelaskan ketentuan shalat witir
|
Sholat witir
Menghafal niat shalat witir
Pelaksanaan shalat witir
|
· Membaca artikel atau buku Fikih dan mencari arti dari niat shalat witir
· Melafalkan niat shalat witir
· Menunjukkan kapan waktu yang tepat melaksanakan shalat witir
· Menyebutkan jumlah bila rakaat
shalat witir.
· Mendemontrasikan shalat witir.
|
·
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan shalat witir
·
Melafalkan niat shalat witir
·
Menyebutkan waktu pelaksanaan
shalat witir
·
Menyebutkan bilangan rakaat shalat
witir
·
Mendemonstrasikan shalat witir secara
berkelompok
|
Tes tulis
|
6 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.3. Menjelaskan
keutamaan-keutamaan yang ada dalam Bulan Ramadhan
|
Tadarus
|
· Melakukan diskusi kelompok bercerita tentang pengalaman puasa romadhon
· Menyusun dan menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang utama di bulan
ramadhan
· Memaparkan temuan dan dialog kegiatan apa saja yang tepat dilakukan pada
Bulan Ramadhan
|
·
Menjelaskan keutamaan-keutamaan
yang ada dalam Bulan Ramadhan
·
Menyebutkan manfaat-manfaat
membaca Al-Quran dalam Bulan Ramadhan
·
Menjelaskan kegiatan-kegiatan yang
perlu ditingkatkan pada Bulan Ramadhan
·
Menunjukkan contoh sikap/kegiatan
yang baik yang dapat dilakukan di Bulan Ramadhan
|
Tes tulis
Tes
lisan
|
2 x 35 menit
|
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
IV SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah :
MI
Kelas/Semester :
IV / I
Mata Pelajaran :
Fikih
Standar
Kompetensi : 1. Mengenal ketentuan zakat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1. Menjelas-kan ketentuan zakat maal
|
Tata cara zakat maal
|
·
Membaca buku / artikel tentang zakat, siswa mencari arti zakat
·
Mendiskusikan pengertian zakat
·
Mendengarkan penjelasan guru tentang hukum menunaikan zakat
·
Mendengarkan penjelasan guru tentang macam-macam zakat
·
Mengelompokkan harta yang wajib dizakati
·
Membaca buku / artikel tentang nisab
·
Membaca buku / artikel tentang haul
·
Mengidentifikasi tentang orang yang berhak menerima zakat
|
·
Menyebutkan
pengertian zakat maal
·
Menyebutkan
hukum menunaikan zakat maal
·
Menyebutkan
harta yang wajib dizakati
·
Menyebutkan
jumlah harta yang wajib dizakati (Nisab)
·
Menyebutkan jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan
·
Menyebutkan batas waktu untuk mengeluarkan zakat (Haul)
|
Tes tulis
Tes lisan
|
4 x 35
menit
|
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
1.2. Menjelas-kan ketentuan zakat fitrah
|
zakat fitrah
|
· Membaca buku / artikel dan mencari arti dari zakat
fitrah
·
Mendengarkan penjelasan guru tentang hukum menunaikan zakat fitrah
·
Mendengarkan penjelasan guru tentang waktu mengeluarkan zakat fitrah
·
Mendengarkan uraian guru tentang jumlah zakat fitrah
·
Mencermati penjelasan guru tentang orang-orang yang berhak menerima zakat
fitrah
|
· Menyebutkan pengertian zakat
fitrah
· Menyebutkan hukum menunaikan zakat
fitrah
· Mendiskripsikan waktu mengeluarkan
zakat fitrah
· Menyebutkan jumlah zakat fitrah
yang harus dikeluarkan
· Menyebutkan 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat
maal
|
Tes tulis
|
2 x 35
menit
|
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
1.3. Memprak-tekkan
tata cara zakat maal dan zakat fitrah
|
Praktek menunaikan zakat fitrah
Hikmah zakat fitrah
|
· Dipandu guru
memperagakan menyerahkan zakat fitrah
·
Menirukan guru dalam melafalkan niat menunaikan zakat fitrah
·
Didampingi guru, menyerahkan zakat fitrah langsung kepada yang berhak
menerima
·
Berdiskusi tentang hikmah zakat fitrah
|
· Mensimulasikan tatacara
mengeluarkan zakat maal
· Mendemonstrasikan cara mengeluarkan
zakat fitrah
· Melafalkan niat menunaikan zakat
maal
· Melafalkan niat menunaikan zakat
fitrah
· Menyebutkan hikmah zakat fitrah
· Menyebutkan hikmah zakat maal
|
Performance
Tes Lisan
|
2 x 35
menit
|
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
Standar Kompetensi : 2. Mengenal
ketentuan infaq dan shodaqah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
2.1. Menjelas-kan ketentuan infaq dan
shadaqah
|
Infaq dan shodaqoh
|
·
Mencari pengertian dan ketentuan infaq dari berbagai sumber / media
· Mencari pengertian dan ketentuan shodaqah dari berbagai
sumber / media
· Berdiskusi tentang perbedaan antara infaq dan shodaqah
|
·
Menyebutkan pengertian infaq
·
Menyebutkan hukum infaq
·
Menyebutkan pengertian shodaqah
·
Menyebutkan hukum shodaqoh
·
Membedakan antara infaq dan shodaqah
|
Tes tulis
|
2 x 35
menit
|
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
|
2.2. Memprak-tekkan tata cara infaq dan
shadaqah
|
Praktik infaq dan shodaqah
|
·
Pratek berinfaq sesuai dengan kemampuan, misalnya pada hari jum’at
·
Praktek bershodaqah sesuai keadaan dan kemampuan misalnya dengan senyum,
menyingkirkan sesuatu yang menghalangi
·
Berdiskusi, menyampaikan hikmah infaq dan shodaqah
|
·
Mendemostrasikan cara berinfaq
·
Mendemonstrasikan cara bershodaqoh
·
Menyebutkan hikmah berinfaq dan bershodaqah
|
Performance
Tes tulis
|
2 x 35
menit
|
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
|
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
IV SEMESTER 2
SILABUS
Nama
Madrasah : MI
Kelas/Semester : IV / II
Mata
Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi :
3. Mengenal ketentuan sholat id
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1. Menjelas-kan macam-macam shalat Id
|
Sholat idul fitri dan idul adha
|
·
Mendengarkan penje-lasan
tentang macam-macam sholat id
|
·
Menyebutkan hukum shalat idain
|
Tes tulis
|
8 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam,
buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
3.2. Menjelas-kan tatacara sholat Id
|
Cara shalat idul fitrih dan idul adha
|
·
Dengan membaca
berbagai artikel siswa mencari pengertian sholat id
·
Mencermati
penjelasan guru tentang waktu pelaksanaan sholat id
|
· Menyebutkan pengertian sholat idul fitri dan idul adha
· Menyebutkan waktu pelaksanaan sholat idul fitri dan
shalat idul adha
|
Tes tulis
|
10 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam,
buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
3.3. Mendemonstrasikan tatacara shalat idul fitri dan idul
adha
|
· Mempraktekkan sholat idul fitri dan idul adha
|
·
Melihat
tayangan VCD tentang pelaksanaan sholat id
|
· Siswa dapat memperagakan sholat idul fitri dan idul
adha
|
Performance tes
|
10 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab
Fikih, tabloid / bulletin
|
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
V SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah : MI
Kelas/Semester : V /
I
Mata Pelajaran :
Fikih
Standar Kompetensi : 1. Mengenal ketentuan makanan dan
minuman yang halal dan haram
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|||||
1.1. Menjelaskan keten-tuan
maka-nan dan minuman yang halal dan haram
|
Pengertian makanan / minuman halal
Pengertian makanan / minuman haram
|
· Membaca artikel tentang makanan halal
· Menyebutkan arti makanan minuman haram
· Secara bergantian menyebutkan contoh makanan / minuman
halal
· Secara bergantian menyebutkan contoh makanan / minuman
haram
· Membiasakan mengkonsum-si makanan / minuman halal
· Menghindari mengkonsumsi makanan / minuman haram
|
· Menyebutkan pengertian makanan / minuman halal
· Menyebutkan pengertian makanan / minuman haram
· Menyebutkan contoh makanan / minuman halal
· Menyebutkan contoh makanan / minuman haram
· Membiasakan mengkonsum-si makanan / minuman halal
· Menghindari mengkonsumsi makanan / minuman haram
|
Tes tulis
|
14 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab
Fikih, tabloid / bulletin
|
|||||
1.2. Menjelaskan
binatang yang halal dan haram dagingnya
|
Tanda-tanda binatang haram
berdasarkan ayat al-Qur’an atau hadits
|
· Membaca artikel dan mendifinisikan tanda-tanda binatang
haram berdasarkan ayat al-Qur’an atau hadits
· Menyebutkan contoh binatang yang haram untuk dikonsumsi
|
· Menyebutkan pengertian binatang halal
· Menyebutkan pengertian binatang haram
· Menunjukkan ciri-ciri binatang halal
· Menunjukkan ciri-ciri binatang haram
· Mengidentifikasi jenis binatang halal dan haram
|
Tes
Lisan
|
14 x 35 menit
|
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
|||||
1.3 Menjelaskan man-faat ma-kanan
dan minuman halal
|
Hikmah
mengkonsumsi makanan/minuman halal
|
· Dipandu guru, berdiskusi tentang manfaat mengkonsumsi
makanan/minutan halal
· Menyimak contoh akibat meng-konsumsi makanan/minuman
haram
|
· Menyebutkan manfaat mengkonsumsi makanan / minuman
halal
· Menyebutkan akibat mengkonsumsi makanan / minuman haram
|
||||||||
1.4. Menjelaskan akibat makanan dan minuman haram
|
Mencari kondisi
negatif yang disebabkan faktor makanan dan minuman
|
· Dipandu guru, berdiskusi tentang manfaat mengkonsumsi
makanan/minutan halal
· Menyimak contoh akibat meng-konsumsi makanan/minuman
haram
|
· Menyebutkan jenis penyakit akibat salah mengkonsumsi
makanan dan minuman
· Menyebutkan akibat mengkonsumsi makanan / minuman haram
|
||||||||
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
V SEMESTER 2
SILABUS
Nama
Madrasah : MI
Kelas/Semester : V / II
Mata
Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi :
2. Mengenal ketentuan Qurban
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1. Menjelas-kan keten-tuan Qurban
|
Qurban
|
·
Membaca buku /
artikel tentang arti qurban menurut bahasa
·
Membaca
buku/artikel tentang pengertian qurban
·
Mendengarkan
penjelasan guru tentang waktu pelaksanaan qurban
·
Menyimak penjelasan guru tentang
syarat hewan untuk qurban
|
·
Menyebutkan
pengertian qurban
·
Menunjukkan
hukum berqurban
·
Menunjukkan waktu pelaksanaan qurban
·
Menyebutkan syarat sahnya hewan
untuk qurban
|
Tes
tulis
Tes
Lisan
Performance
|
10
x 35 menit
|
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
2.2.
Mendemon-strasikan tata cara Qurban
|
Memperagakan tata cara berqurban
|
·
Dipandu guru,
mendemonstrasikan tata cara berqurban
·
Mencoba berpartisipasi
berqurban sesuai dengan kemampuan
·
Menyaksikan
tayangan tentang qurban
|
·
Mendemonstrasikan
tata cara qurban
·
Mengidentifikasi hikmah qurban
|
8
x 35 menit
|
Standar Kompetensi : 3. Mengenal tata cara ibadah hají
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1. Menje-laskan tata cara Haji
|
Haji
|
· Membaca artikel / bacaan tentang haji
· Mencari pengertian haji
· Mendengarkan penjelasan guru tentang waktu pelakasanaan
haji
· Memperhatikan uraian tentang syarat haji
· Memperhatikan uraian tentang wajib haji
· Menyimak penjelasan tentang rukun haji
|
· Menyebutkan pengertian haji
· Menunjukkan hukum haji
· Menyebutkan waktu pelaksanaan haji
· Menyebutkan syarat haji
· Menyebutkan rukun haji
· Menyebutkan wajib haji
· Menyebutkan sunnah haji
· Memperagakan
cara memakai ihram
|
Tes tulis
Performance tes
|
10 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab
Fikih, tabloid / bulletin
|
3.2. Mende-monstrasikan tata cara haji
|
Memperagakan tata cara / manasik
haji
|
· Menyaksikan tayangan tata cara haji
· Dipandu guru memperagakan tata cara / manasik haji
|
· Menyebutkan urutan pelaksanaan haji
· Memperagakan tata cara (manasik) haji
|
Performance tes
|
6 x 35 menit
|
VCD manasik haji
|
Tulakan,
09 juli2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
VI SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah : MI
Kelas/Semester : VI / I
Mata Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi : 1.
Mengenal ketentuan mandi wajib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1. Menjelas-kan
ketentuan mandi wajib setelah haid
|
Mandi wajib setelah haid
|
·
Menyimak
penjelasan nara sumber tentang mandi wajib
·
Menyimak apa
sebab harus mandi wajib
·
Memperhatikan
penjelasan tentang rukun mandi wajib
·
Memperhatikan
penjelasan tentang sunnah-sunnah mandi wajib
·
Memperhatikan
penjelasan tentang perbedaan mandi wajib dengan mandi biasa
|
· Menyebutkan pengertian mandi wajib
· Menyebutkan sebab mandi wajib
· Menyebutkan rukun mandi wajib
· Menyebutkan sunnah mandi wajib
· Membedakan antara mandi wajib dengan mandi biasa
|
Tes tulis
Tes Lisan
|
2 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab
Fikih, tabloid / bulletin
|
Standar Kompetensi : 2. Mengenal ketentuan khitan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1
Menjelas-kan ketentuan khitan
|
Pengertian
khitan
Hukum
khitan
|
·
Membaca artikel / bacaan tentang
khitan
·
Mencari arti khitan
·
Memperhatikan penjelasan guru
tentang dasar hukum khitan
·
Memperhatikan keterangan guru
tentang hukum khitan
|
·
Menyebutkan pengertian khitan
·
Menunjukkan dasar hukum khitan
·
Menyebutkan hukum khitan
|
Tes tulis
Tes Lisan
|
2 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam,
buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
2.2
Menjelas-kan hikmah khitan
|
Hikmah
dan manfaat khitan
|
·
Dipandu guru, mendiskusikan hikmah
disyariatkannya khitan
|
·
Menyebutkan hikmah khitan
|
Tes tulis
Tes Lisan
|
2 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam,
buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
Tulakan,
09 juli 2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS
VI SEMESTER 2
SILABUS
Nama Madrasah : MI
Kelas/Semester : VI / II
Mata Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi : 3.
Mengenal ketentuan jual beli dan pinjam meminjam
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1
Menjelas-kan tata cara jual beli
|
Jual beli
|
· Membaca artikel tentang jual beli
· Menyimak uraian tentang syarat syah terjadinya jual
beli
· Menyimak uraian tentang rukun jual beli
· Menyimak hukum jual beli (yang boleh dan yang dilarang)
· Dipandu guru, mendemonstrasikan jual beli dengan barang
sederhana
|
·
Menyebutkan
pengertian jual beli
·
Menyebutkan
syarat syah jual beli
·
Menyebutkan
rukun jual beli
·
Menyebutkan
hukum jual beli
·
Mendemonstrasikan
jual beli
|
Tes
tulis
Performance
tes
|
10
x 35 menit
|
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.2
Mengenal tata cara pinjam meminjam
|
Pinjam meminjam
|
·
Membaca artikel
tentang pinjam meminjam
·
Menyimak uraian
tentang syarat pinjam meminjam
·
Menyimak uraian
tentang rukun pinjam meminjam
·
Menyimak uraian
tentang hak dan kewajiban dalam pinjam meminjam
·
Dipandu guru,
mendemonstrasikan pinjam meminjam dengan barang sederhana
|
·
Menyebutkan
pengertian pinjam meminjam
·
Menyebutkan
syarat pinjam meminjam
·
Menyebutkan
rukun pinjam meminjam
·
Menyebutkan hak
dan kewajiban dalam pinjam meminjam
·
Mendemonstrasikan
pinjam meminjam
|
Tes tulis
Performance tes
|
6 x 35 menit
|
Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab
Fikih, tabloid / bulletin
|
Tulakan,
09 juli 2010
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
RAMELAN, S.Pd.I SUGIYANTO,
S.Pd.I
NIP.196304031992031001 NIP.197412202007101001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar